Pengertian, Sifat dan Jenis Gaya dalam Ilmu Fisika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Sifat dan Jenis Gaya dalam Ilmu Fisika
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Gaya
Dalam ilmu fisika, Gaya adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Gaya juga didefiniskan sebagai dorongan atau tarikan yang menyebabkan suatu benda bergerak. Ia memiliki besar dan arah tertentu yang pasti.

Sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya termasuk untuk bergerak dari keadaan diam, atau berakselerasi, atau untuk terdeformasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya diartikan sebagai dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas (tak terikat). Ia juga diartikan sebagai besaran yang mempunyai besar dan arah tertentu.

BACA:  Mengenal Benua Australia Meliputi Letak, Iklim dan Wilayahnya

Sifat-Sifat Gaya
Beberapa sifat-sifat yang dimiliki oleh sebuah gaya adalah sebagai berikut:
1. Mengubah Bentuk Benda
2. Membuat Benda Diam Menjadi Bergerak
3. Mengubah Arah Benda
4. Mengubah Kecepatan Gerak Benda
5. Membuat Benda Bergerak Menjadi Diam

Jenis-Jenis Gaya
Beberapa Jenis-Jenis yang dimiliki oleh sebuah gaya adalah sebagai berikut:
1. Gaya Sentuh
Gaya sentuh merupakan gaya yang terjadi ketika ada sentuhan antara sumber gaya dengan objek yang menerima gaya tersebut.
a. Gaya pegas merupakan gaya yang tercipta dari adanya kerja benda elastis. Kekuatannya berasal dari karet atau pegas lentur yang direnggangkan.
b. Gaya gesek adalah gaya yang terdipta karena dua permukaan benda saling bergesekan.
c. Gaya otot merupakan gaya yang berasal dari otot manusia atau hewan. Otot akan bertambah kuat dan besar ketika seseorang mengangkat beban.

 
BACA:  Pengertian Sinonim Meliputi Jenis dan Manfaatnya dalam Tata Bahasa

2. Gaya Tak Sentuh
Gaya tak sentuh adalah jenis gaya yang timbul ketika sumber gaya tidak bersentuhan langsung dengan objek atau sesuatu yang menerima gaya tersebut.
a. Gaya gravitasi merupakan jenis gaya yang menarik benda ke arah pusat bumi atau pusat benda tersebut. Gaya tersebut terjadi karena adanya daya tarik bumi.
b. Gaya listrik merupakan gaya yang tercipta karena adanya arus listrik yang mengalir. Ia juga ditimbulkan oleh dua benda dengan muatan yang memiliki jarak tertentu.
c. Gaya magnet merupakan jenis gaya yang berbentuk tarikan atau dorongan antardua benda yang bersifat magnetik. Magnet memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan.

BACA:  Alasan Negara-Negara ASEAN Melakukan Kerjasama di Bidang Politik

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Sifat dan Jenis Gaya dalam Ilmu Fisika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET