Sungai Nil: Etimologi, Letak Geografi dan Karakteristiknya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Sungai Nil: Etimologi, Letak Geografi dan Karakteristiknya
disimak baik-baik ya…

 

Etimologi
Nama sungai Nil berasal dari bahasa Yunani dan Latin Νείλος Nilus. Asal kata Nilus tersebut masih diperdebatkan. Terdapat pula kemungkinan etimologi lain seperti dari kata bahasa Semit Nahal yang berarti “sungai”.

Sungai Nil adalah sungai besar yang mengalir ke utara di timur laut Afrika. Sungai ini mengalir ke Laut Mediterania. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di Afrika, dan sempat dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa Sungai Amazon sedikit lebih panjang.

Letak Geografi
Sungai Nil terbentuk sebagai hasil dari pergerakan kerak benua. Kerak tersebut adalah Lembah Rift yang bermula dari timur Afrika dan berhujung di utara di daerah patahan Palestina dan Levant. Pergerakan kerak ini juga menghasilkan Laut Merah.

BACA:  Pengertian dan Penyebab Terjadinya Abrasi Pantai

Lembah-lembah awal aliran proto-Nil yang bermuara di Laut Tethys berusia jutaan tahun. Namun, alirannya baru meluas ke luar Mesir setelah dataran tinggi Etiopia menjauhi Laut Merah sekitar 800.000 tahun yang lalu. Selanjutnya, tanah tempat aliran sungai Nil modern baru terbentuk sekitar 12.500 tahun yang lalu.

Bagian utara sungai Nil yang mengalir ke utara hampir seluruhnya melintasi gurun Sudan hingga alirannya mencapai Mesir. Kairo terletak di salah satu delta besarnya yang kemudian mengalir ke Laut Mediterania di Aleksandria.

 

Karakteristik
Beberapa karakteristik sungai Nil adalah sebagai berikut:

1. Sungai Nil memiliki dua anak sungai utama: Sungai Nil Putih, yang bermula di Jinja, Danau Victoria, dan Nil Biru. Nil Putih secara tradisional dianggap sebagai aliran hulu. Namun, Nil Biru adalah sumber sebagian besar air di hilir Nil, yang mengandung 80% air dan lanau.

BACA:  Hukum Hidrostatik: Pengertian ,Rumus, dan Contoh Soal

2. Mata air Nil bersumber di wilayah danau di Rwanda dan Burundi modern.

3. Lembah Nil agak sempit hampir di sepanjang aliran Sungai Nil.

 

4. Binatang-binatang yang mendiami sungai Nil di antaranya adalah babon, buaya, dan kuda nil. Babon adalah binatang yang cerdas dan orang Mesir Kuno menghormatinya.

5. Sifat unik sungai besar ini adalah setiap tahun ia meluap dan mengakibatkan banjir di sepanjang bantarannya yang dipadati desa-desa pertanian. Pada waktu surut, airnya meninggalkan endapan tanah yang sangat subur berbentuk lapisan lumpur yang tipis.

6. Sungai Nil juga merupakan jalan raya utama untuk seluruh negeri yang dilaluinya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Sungai Nil: Etimologi, Letak Geografi dan Karakteristiknya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET