Ciri-Ciri Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Ciri-Ciri Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Pertumbuhan
Pada ilmu biologi, Pertumbuhan merupakan sebuah proses yang dimana terjadi pertambahan jumlah sel dan pembesaran dari tiap-tiap sel dan biasanya disertai dengan terjadinya perubahan bentuk.

Pertumbuhan Pada Tumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan bertambahnya massa, tinggi, hingga volume. Pertumbuhan ini, dimulai dari biji hingga tumbuhan bertambah tinggi dan bertambah diameter batangnya (hanya pada jenis tumbuhan tertentu). Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di daerah meristematis. Meristematis adalah titik tumbuh, yaitu bagian yang mengandung jaringan meristem. Jaringan meristem terletak di ujung batang, ujung akar, dan kambium.

BACA:  Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya

Pada tumbuhan terjadi dua proses pertumbuhan yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan
Pertumbuhan sekunder terjadi akibat adanya aktivitas di jaringan kambium (meristematik sekunder). Contoh jaringan meristem sekunder adalah jaringan kambium pada batang tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Sel-sel jaringan kambium senantiasa membelah. Pembelahan ke arah dalam membentuk xilem atau kayu. Sedangkan pembelahan ke luar membentuk floem atau kulit kayu.

Pada tumbuhan monokotil, tidak terjadi pertumbuhan sekunder karena tidak adanya kambium, sehingga batang monokotil tidak membesar atau tidak mengalami pertambahan diameter batang, contohnya, batang jagung. Semakin tua, batang jagung ukuran batangnya tetap sama, tidak bertambah besar karena tidak adanya kambium.

 
BACA:  Hubungan Antara Sunan Gunung Jati dan Sultan Pasai

Pada tumbuhan dikotil, pertumbuhan sekunder pada batang dan akar dikotil tidak berlangsung merata sepanjang tahun karena dipengaruhi musim. Pada musim kemarau lapisan yang terbentuk lebih tipis dibandingkan saat musim hujan.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan
Berikut ini adalah ciri-ciri pertumbuhan sekunder pada tumbuhan:
1. Hanya terjadi pada tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae
2. Hasil pertumbuhan ditandai dengan bertambahnya diameter batang (semakin melebar) atau pertumbuhannya ke samping atau horizontal.
3. Merupakan hasil dari pembelahan kambium vaskuler dan kambium gabus
4. Menghasilkan xilem dan floem sekunder, serta jaringan kulit yang baru.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Ciri-Ciri Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET