Urutan Lapiran Matahari dalam Ilmu Geografi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Urutan Lapiran Matahari dalam Ilmu Geografi
disimak baik-baik ya…

 

Urutan lapisan matahari ada tujuh yaitu inti matahari, zona radiasi, zona konvektif, zona transisi, kromosfer, dan juga korona.

1. Inti Matahari
Berukuran lebih dari seribu kali ukuran Bumi dan mempunyai kepadatan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan timah. Inti dari matahari ini dapat kita ibaratkan sebagai tungku besar yang memiliki suhu melebihi 15,7 juta derajat Celcius. Lapisan inti ini mempunyai luas sampai 25 persen dari jari-jari matahari. Di lapisan inti ini, reaksi fusi nuklir bisa terjadi.

2. Zona Radiasi
Di zona yang luas ini, panas dari inti akan mendingin secara dramatis, dari antara tujuh juta celcius sampai dua juta celcius. Di zona radiasi, energi akan ditransfer melalui proses yang disebut dengan radiasi termal. Selama proses tersebut, foton yang dilepaskan di dalam inti akan menempuh jarak pendek, diserap oleh ion terdekat, dilepaskan oleh ion, dan kemudian diserap lagi oleh ion lain.

BACA:  Mengenal Apa Itu Litosfer Beserta Tipe dan Material Pembentuknya

3. Zona Transisi
Antara zona radiasi dan lapisan selanjutnya, zona konvektif, ada zona transisi yang disebut juga dengan tachocline. Wilayah tersebut terbentuk karena adanya rotasi diferensial matahari. Rotasi diferensial itu terjadi saat bagian yang berbeda dari suatu objek berputar pada kecepatan yang berbeda

4. Zona Konvektif
Zona konvektif ini terdiri dari 70 persen hidrogen, 27,7 persen helium, dan sisanya adalah beberapa gas lain, seperti misalnya nitrogen, karbon, dan juga oksigen. Di zona tersebut, suhu matahari tidak cukup panas untuk mentransfer energi melalui radiasi termal.

 

5. Fotosfer
Fotosfer merupakan permukaan matahari yang berwarna kuning cerah. Ketebalan fotosfer sekitar 400 kilometer dan suhu di sana mencapai sekitar 5.700 celcius. Kolom termal dari zona konveksi akan terlihat di fotosfer, menggelegak seperti oatmeal mendidih.

BACA:  Pengertian dan Fungsi dari Tinjauan Pustaka

6. Kromosfer
Kromosfer mempunyai tebal sekitar 2.000 kilometer dan penuh dengan semburan gas panas. Pada bagian bawah kromosfer, matahari berada di titik terdinginnya, yakni sekitar 4.100 celcius. Suhu rendah tersebut akan memberikan kromosfer warna merah jambu. Suhu di kromosfer biasanya akan meningkat dan dapat mencapai 25.000 celcius pada bagian luarnya.

7. Korona
Korona merupakan lapisan terluar tipis dari atmosfer matahari dan bisa meluas sampai jutaan kilometer ke luar angkasa. Gas yang ada di korona ini terbakar suhu sekitar 1 juta celcius dan bergerak dengan kecepatan sekitar 145 kilometer per detik. Beberapa partikel mencapai kecepatan lepas 400 kilometer per detik.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Urutan Lapiran Matahari dalam Ilmu Geografi

Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET