Pengertia Polimer dan Kegunaannya dalam Kehidupan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertia Polimer dan Kegunaannya dalam Kehidupan Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Polimer
Kata polimer merupakan turunan dari bahasa Yunani yaitu poly dan mer. Poly berarti “banyak”, sedangkan mer berarti “bagian”. Polimer memiliki sinonim yaitu makromolekul. Sinonim ini berkaitan dengan polimer sintetik yang dihasilkan dari molekul-molekul sederhana yang disebut monomer.

Penggunaan kata polimer pertama kali dilakukan pada tahun 1833 oleh kimiawan berkebangsaan Swedia yaitu Berzelius. Para kimiawan pada abad ke-19 Masehi bekerja dengan meilbatkan makromolekul tanpa memiliki suatu pengertian yang jelas mengenai strukturnya.

Polimer adalah molekul panjang yang mengandung rantai atom yang dihubungkan oleh ikatan kovalen yang terbentuk selama polimerisasi. Polimer umumnya dikenal sebagai bahan non-konduktor atau isolator. Polimer didefinisikan sebagai substansi yang terdiri dari molekul-molekul yang menyertakan rangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer.

BACA:  Perbedaan Era Orde Lama dan Orde Baru Dalam Sejarah Indonesia

Meskipun istilah polimer lebih populer menunjuk kepada plastik, tetapi polimer sebenarnya terdiri dari banyak kelas material alami dan sintetik dengan sifat dan kegunaan yang beragam. Bahan polimer alami seperti shellac dan amber telah digunakan selama beberapa abad. Kertas diproduksi dari selulosa, sebuah polisakarida yang terjadi secara alami yang ditemukan dalam tumbuhan. Biopolimer seperti protein dan asam nukleat memainkan peranan penting dalam proses biologi.

Polimer digolongkan menjadi dua, yaitu polimer alam dan polimer sintetis. Polimer alam adalah polimer yang ditemukan di alam dan berasal dari organisme hidup. Polimer sintetis atau polimer buatan adalah polimer yang tidak ada di alam dan harus dibuat oleh manusia.

 
BACA:  Upaya Untuk Meredakan Konflik Antar Masyarakat Dengan Melakukan Penyesuaian Perbedaan di Segala Bidang

Kegunaan Polimer
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali produk yang berbahan dasar polimer sintetis, mulai dari tas belanja plastik, kemasan plastik makanan dan minuman, kemasan plastik, peralatan listrik, peralatan rumah tangga, dan perangkat elektronik.

Beberapa contoh produk yang menggunakan bahan Polimer dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
1. Serat Sintetis
2. Karet Sintetis
3. Orlon
4. PVC (Polivinil Klorida)
5. Polietena
6. Polipropena
7. Teflon
8. Bakelit
9. Polimetil Metakrilat

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertia Polimer dan Kegunaannya dalam Kehidupan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET