Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Perawatannya Ketika Cedera

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Perawatannya Ketika Cedera
disimak baik-baik ya…

 

Tulang pergelangan kaki memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita yakni engan tulang ini kita bisa berjalan, berlari dan bergerak dengan bebas yang melibatkan gerakan kaki. Tidak hanya itu, kaki juga dapat membantu pekerjaan kita cepat selesai, menopang tubuh kita dan melindungi kita dari bahaya.

Tulang pergelangan kaki merupakan sebuah tulang yang terdiri dari ujung-ujung tulang kering serta tulang betis maupun tumit. Tulang-tulang ini disatukan oleh ligamen yang kuat, sehingga dapat membentuk sendi. Sendi pada pergelangan kaki bisa menjadi stabil karena adanya bungkus sendi dan ligamen yang kuat, sehingga sendi dapat berada pada tempatnya.

BACA:  Mengapa Gelas Kaca Bisa Pecah Saat Terkena Air Panas ?

Fungsi tulang pergeelangan kaki adalah sebgai berikut:

  1. Memudahkan manusia saat melangkah atau berjalan dengan rasa nyaman dan efisien
  2. Berperan untuk memungkinkan gerakan naik turun yang dilakukan oleh kaki. Hal ini bisa terjadi karena adanya sendi engselnya.
  3. Berperan dalam menghubungkan antara tulang tungkai bagian bawah dengan telapak kaki, dengan ini tulang bisa menahan beban berat badan tubuh.
  4. Di dalam pergelangan kaki terdapat sendi putar. Sendi ini membantu pergerakan dari telapak kaki supaya bisa digunakan lebih fleksibel.
  5. Mengganti fungsi tangan pada seseorang yang mengalami kelumpuhan ekstremitas atas.

Cedera pada tulang pergelangan bisa terjadi ketika kamu sedang berolahraga, atau terjatuh yang tidak disengaja, Cedera yang bersifat ringan bisa berupa luka dan memar, cedera ringan juga bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, juga ada cedera yang dapat menyebabkan kondisi yang malah serius dan baru bisa sembuh dalam jangka waktu yang panjang.

BACA:  Manfaat Kerja Sama ASEAN di Bidang Ilmu Pengetahun dan Teknologi (IPTEK)

Berikut adalah cara perawatan ketika pergelangan kaki mengalami cedera:
1. RICE Therapy
RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. RICE ini merupakan terapi pengobatan awal yang baik untuk beberapa cedera yang terjadi pada pergelangan kaki.

 

2. Obat Pereda Nyeri
Pereda nyeri yang dijual bebas di apotek atau diresepkan, seperti acetaminophen, ibuprofen dan naproxen dapat meredakan sebagian besar nyeri pada pergelangan kaki.

3. Suntikan Kortison
Penyuntikkan kortison ke pergelangan kaki dapat membantu beberapa bentuk radang sendi pergelangan kaki. Kortison menekan peradangan pada sendi dan mengurangi pembengkakan serta nyeri.

4. Imobilisasi Pergelangan Kaki
Melumpuhkan pergelangan kaki biasa dilakukan dengan menggunakan gips. Hal ini biasa dilakukan pada sebagian besar yang mengalami patah tulang. Cara ini dianggap membantu keseleo pada pergelangan kaki.

BACA:  Latar Belakang dan Isi Perjanjian Reville

5. Operasi Pergelangan Kaki
Secara umum, operasi dilakukan agar pergelangan kaki lebih stabil. Berbagai teknik digunakan untuk menjaga agar tulang pergelangan kembali ke tempatnya.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Perawatannya Ketika Cedera
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET