Pengertian Sifat Koligatif Larutan dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Sifat Koligatif Larutan dan Faktor yang Mempengaruhinya
disimak baik-baik ya…

 

Sifat Koligatif Larutan
Sifat koligatif berasal dari bahasa Latin, yakni kata colligare yang berarti “mengumpul bersama”. Sifat koligatif larutan adalah suatu sifat larutan yang hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut. Sifat Koligatif larutan tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi tergantung pada banyaknya partikel zat terlarut dalam larutan dan tidak tergantung pada jenis larutan.

Faktor yang memengaruhi sifat koligatif larutan adalah penurunan tekanan uap (ΔP), penurunan titik beku (ΔTf), kenaikan titik didih (ΔTb), dan tekanan osmotik (π).Berikut penjelasannya:

Penurunan Tekanan Uap (ΔP)
Penurunan tekanan uap adalah kondisi berkurangnya tekanan uap pelarut murni karena pengaruh penambahan zat terlarut. Pada tahun 1880-an kimiawan Perancis F.M. Raoult mendapati bahwa melarutkan suatu zat terlarut mempunyai efek penurunan tekanan uap dari pelarut.

BACA:  Mengapa Otot Jantung Terus Menerus Memompa dan Apa yang Mempengaruhinya

Tekanan uap larutan ideal dapat dihitung berdasar hukum Raoult yang berbunyi:
“Tiap komponen dalam suatu larutan melakukan tekanan yang sama dengan fraksi mol kali tekanan uap dari komponen (pelarut) murni”

Penurunan Titik Beku (ΔTf)

Penurunan titik beku adalah penurunan titik beku pelarut akibat penambahan zat terlarut yang tidak mudah menguap. Titik beku adalah suhu di mana pelarut cair dan pelarut padat berada pada kesetimbangan, sehingga tekanan uap keduanya sama.

Kenaikan Titik Didih (ΔTb)

Titik didih merupakan satu sifat lagi yang dapat di gunakan untuk memperkirakan secara tak langsung berapa kuatnya gaya tarik antar molekul dalm cairan. Cairan yang gaya tarik antar molekulnya kuat, titik didihnya tinggi dan sebalikny bila gaya tarik lemah, titik didihnya rendah.

BACA:  Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Hewan Invertebrata

Tekanan osmotik
Tekanan osmotik termasuk dalam sifat-sifat koligatif karena besarnya hanya tergantung pada jumlah partikel zat terlarut persatuan volume larutan. Tekanan osmotik tidak tergantung pada jenis zat terlarut

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Sifat Koligatif Larutan dan Faktor yang Mempengaruhinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET