Pengertian Tekanan dan Jenis-Jenisnya dalah Ilmu Fisika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Tekanan dan Jenis-Jenisnya dalah Ilmu Fisika
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Tekanan
Tekanan adalah keadaan dimana suatu benda yang dikenai oleh gaya dimana gaya tersebut bertitik di suatu luasan tertentu darinya.Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada setiap satuan luas. Tekanan dapat disebabkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda yang arahnya vertikal.

Satuan tekanan dapat dihubungkan dengan satuan volume (isi) dan suhu. Semakin tinggi tekanan di dalam suatu tempat dengan isi yang sama, maka suhu akan semakin tinggi. Hal ini dapat digunakan untuk menjelaskan mengapa suhu di pegunungan lebih rendah daripada di dataran rendah, karena di dataran rendah tekanan lebih tinggi.

BACA:  Unsur-Unsur Ekonomi Makro

Akan tetapi pernyataan ini tidak selamanya benar atau terkecuali untuk uap air, uap air jika tekanan ditingkatkan maka akan terjadi perubahan dari gas kembali menjadi cair.

Tekanan tidak hanya berhubungan dengan gaya tetapi juga dengan luas, suhu dan volume. Satuan internasional untuk tekanan adalah newton per satuan luas (N/m2). Sedangkan notasi P atau p. Selain itu, satuan tekanan lainnya adalah Pascal (Pa), yang merupakan nama keluarga fisikawan brilian Blaise Pascal.

Besarnya tekanan juga berasal dari turunan besaran pokok, panjang, dan waktu. Juga, tekanan termasuk dalam besaran vektor, tetapi dinyatakan sebagai angka atau nilai. Pada dasarnya, rumus tekanan adalah sebagai berikut.

 

P = F / A

Keterangan:

BACA:  Pengertian Penyerbukan Pada Tumbuhan dan Jenis-Jenisnya

P = tekanan dengan satuan pascal
F = gaya dengan satuan newton
A = luas permukaan dengan satuan m2

Jenis-Jenis Tekanan
Berikut ini adalah jenis-jenis tekanan, adalah sebagai berikut:

 

1. Tekanan pada zat padat
Dalam zat padat yang didorong ke bawah dari atas, tekanan akan dihasilkan. Semakin tinggi sebuah area tekanan, semakin rendah tekanan.

2. Tekanan hidrostatis atau zat cair
Tekanan cair juga dikenal sebagai tekanan hidrostatik. Tekanan cairan tergantung pada kedalaman cairan di ruang angkasa, dan gravitasi juga menentukan tekanan air.

3. Tekanan gas
Bumi mempunyai lapisan penjaga yang mencegah benda asing dari langit memasukinya berupa atmosfer. Tekanan atmosfer di permukaan laut adalah 76 cmHg. Beda daerah juga berarti memiliki tekanan udara yang berbeda. Untuk gas dalam ruang tertutup, berlaku hukum Boyle, yaitu tekanan dan volume gas adalah tetap atau konstan selama suhu gas selalu sama.

BACA:  Raden Wijaya Menyikapi Kehadiran Pasukan Mongol di Kerajaan Singasari Setelah Kerajaan Tersebut Dipindahkan ke Kediri Oleh Jayakatwang

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Tekanan dan Jenis-Jenisnya dalah Ilmu Fisika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET