Pengertian Elektronegativitas dan Metode Kalkulasinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Elektronegativitas dan Metode Kalkulasinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Elektronegativitas
Elektronegativitas adalah sebuah sifat kimia yang menjelaskan kemampuan sebuah atom atau lebih jarangnya sebuah gugus fungsi untuk menarik elektron atau rapatan elektron menuju dirinya sendiri pada ikatan kovalen.

Konsep elektronegativitas pertama kali oleh Linus Pauling pada tahun 1932 sebagai bagian dari perkembangan teori ikatan valensi. Elektronegativitas tidak bisa dihitung secara langsung, melainkan harus dikalkulasi dari sifat-sifat atom dan molekul lainnya.

Walaupun pada setiap metode terdapat perbedaan yang kecil dalam nilai numeris elektronegativitasnya, semua metode memiliki tren periode yang sama di antara unsur-unsur. Elektronegativitas merupakan salah satu sifat periodisitas unsur, selain afinitas elektron, jari-jari atom, dan energi ionisasi.

BACA:  Pengertian Majas Perbandingan dan Jenis-Jenisnya

Metode Kalkulasi Elektronegativitas
Terdapat beberapa metode kalkulasi elektronegativitas, berikut penjelasannya:

1. Elektronegativitas Pauling
Metode yang umumnya sering digunakan adalah metode Pauling. Hasil perhitungan ini menghasilkan nilai yang tidak berdimensi dan biasanya dirujuk sebagai skala Pauling dengan skala relatif yang berkisar dari 0,7 sampai dengan 4,0 (hidrogen = 2,2).

 

Untuk menghitung elektronegativitas Pauling sebuah unsur, kita memerlukan data energi disosiasi dari paling sedikit dua jenis ikatan kovalen yang dibentuk oleh unsur tersebut.

Allred memutakhirkan nilai elektronegativitas Pauling pada tahun 1961 dengan melibatkan data-data termodinamika. Nilai-nilai elektronegativitas Pauling yang direvisi inilah yang biasanya sering digunakan.

2. Elektronegativitas Mulliken
Mulliken mengajukan bahwa purata aritmetik dari energi ionisasi pertama dan afinitas elektron haruslah adalah sebuah perhitungan dari kecenderungan sebuah atom menarik elektron-elektron.

BACA:  Faktor Pendukung Kerajaan Demak Dalam Meningkatkan Kekuatan Sektor Maritim

Karena definisi ini tidak bergantung pada skala relatif sembarang, ia juga disebut sebagai elektronegativitas relatif, dengan satuan kilojoule per mol atau elektronvolt.

 

3. Elektronegativitas Allred–Rochow
Allred dan Rochow beranggapan bahwa elektronegativitas haruslah berhubungan dengan muatan sebuah elektron pada “permukaan” sebuah atom: semakin tinggi muatan per satuan luas permukaan atom, semakin besar kecenderungan atom tersebut untuk menarik elektron-elektron.

4. Elektronegativitas Sanderson
Sanderson menemukan bahwa terdapat hubungan antara elektronegatvitas dengan ukuran atom dan mengajukan sebuah metode perhitungan yang didasarkan pada timbalbalikan volume atom.

Dengan panjang ikatan yang telah diketahui, elektronegativitas Sanderson memperbolehkan kita memperkirakan energi ikatan pada berbagai senyawa. Selain itu, elektronegativitas Sanderson juga digunakan dalam berbagai investigasi kimia organik.

BACA:  Pengertian Sistem Ekskresi dan Gangguan yang bisa terjadi pada Sistem Ekskresi

5. Elektronegativitas Allen
Definisi elektronegativitas Allen adalah salah satu yang paling saderhana. Ia mengajukan bahwa elektronegativitas berhubungan dengan energi rata-rata dari elektron valensi pada sebuah atom bebas.

Energi satu elektron dapat ditentukan secara langsung dari data spektroskopi, sehingga elektronegativitas yang dihitung dengan metode ini kadang kala dirujuk sebagai elektronegativitas spektroskopik.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Elektronegativitas dan Metode Kalkulasinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET