Mengenal Pengertian Isotop, Sejarah Penamaan dan Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian Isotop, Sejarah Penamaan dan Jenis-Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Isotop
Isotop suatu unsur adalah ketika jumlah neutron dari atom tersebut berbeda, sedangkan jumlah proton dan elektronnya sama.

Isotop adalah dua atau lebih jenis atom yang memiliki nomor atom (jumlah proton dalam inti mereka) yang sama dan posisi dalam tabel periodik (dan karenanya termasuk dalam unsur kimia yang sama), dan yang berbeda dalam nomor nukleon (nomor massa) karena untuk jumlah neutron yang berbeda dalam inti mereka.

Walaupun semua isotop dari unsur tertentu memiliki sifat kimia yang hampir sama, mereka memiliki massa atom dan sifat fisik yang berbeda.

BACA:  Jawaban Buku Paket Bhs. Indonesia Kelas 12 SMA Hal. 39

Sejarah Penamaan Isotop
Istilah isotop dibentuk dari akar kata Yunani isos (ἴσος “sama”) dan topos (τόπος “tempat”), yang berarti “tempat yang sama”; dengan demikian, makna di balik nama tersebut adalah bahwa isotop yang berbeda dari suatu unsur menempati posisi yang sama pada tabel periodik. Istilah ini diciptakan oleh dokter dan penulis Skotlandia Margaret Todd pada tahun 1913 dalam sebuah usul kepada ahli kimia Inggris Frederick Soddy.

Jenis-Jenis Isotop
Beberapa isotop/nuklida bersifat radioaktif, dan oleh karena itu mereka disebut sebagai radioisotop atau radionuklida, sedangkan yang tidak pernah teramati meluruh secara radioaktif disebut sebagai isotop stabil atau nuklida stabil.

 

Misalnya, 14C adalah bentuk radioaktif dari karbon, sedangkan 12C dan 13C adalah isotop stabil. Ada sekitar 339 nuklida yang terjadi secara alami di Bumi, dan 286 di antaranya adalah nuklida primordial, artinya mereka telah ada sejak pembentukan Tata Surya.

BACA:  Ketahui : Apa yang dimaksud dengan Tekanan Osmotik

Dalam kebanyakan kasus, jika suatu unsur memiliki isotop stabil, isotop tersebut mendominasi kelimpahan unsur yang ditemukan di Bumi dan di Tata Surya.

Namun, dalam kasus tiga unsur (telurium, indium, dan renium) isotop paling melimpah yang ditemukan di alam sebenarnya adalah satu (atau dua) radioisotop yang berumur sangat panjang dari unsur tersebut, meskipun unsur-unsur ini memiliki satu atau lebih isotop yang stabil.

Teori memprediksi bahwa banyak isotop/nuklida yang tampaknya “stabil” bersifat radioaktif, dengan waktu paruh yang sangat panjang (tidak termasuk kemungkinan peluruhan proton, yang akan membuat semua nuklida pada akhirnya tidak stabil).

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian Isotop, Sejarah Penamaan dan Jenis-Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET