Pengertian Nukleus Meliputi Struktur dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Nukleus Meliputi Struktur dan Fungsinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Nukleus atau inti sel adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik. Diameter nukleus rata-rata hanya 5 mikrometer. Beberapa jenis sel tidak memiliki nukleus, sedangkan sebagian sel lainnya hanya memiliki satu atau beberapa nukleus.

Nukleus memiliki selubung dari lapisan lipoprotein yang berguna untuk memisahkan isi nukleus dari sitoplasma. Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dengan bentuk molekul DNA linier panjang yang membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein. Gen di dalam kromosom-kromosom inilah yang membentuk genom inti sel.

Struktur

Elemen struktural utama nukleus adalah membran inti. Secara garis besar, membran inti terdiri atas tiga bagian yaitu membran luar, ruang perinuklear, dan membran dalam.

BACA:  Mengapa Revolusi Industri Menghasilkan Paham Ekonomi Kapitalisme

Sifat membran inti yang tak permeabel terhadap sebagian besar molekul membuat nukleus memerlukan pori inti agar molekul dapat bergerak melintasi membran. Pori nukleus bagaikan terowongan yang terletak pada membran nukleus yang berfungsi menghubungkan nukleoplasma dengan sitosol.

Fungsi utama dari pori nukleus adalah untuk sarana pertukaran molekul antara nukleus dengan sitoplasma. Molekul yang keluar, kebanyakan mRNA, digunakan untuk sintesis protein.

Pori nukleus tersusun atas 4 subunit yaitu:

 
  1. Subunit kolom berfungsi dalam pembentukan dinding pori nukleus.
  2. subunit anular berguna untuk membentuk spoke yang mengarah # menuju tengah dari pori nukleus.
  3. subunit lumenal mengandung protein transmembran yang menempelkan kompleks pori nukleus pada membran nukleus.
  4. subunit ring berfungsi untuk membentuk permukaan sitosolik (berhadapan dengan sitoplasma) dan nuklear (berhadapan dengan nukleoplasma) dari kompleks pori nukleus.
BACA:  Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer

Fungsi
Fungsi utama nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen.

Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.

Nukleus menyediakan tempat untuk transkripsi genetik yang dipisahkan dari lokasi terjemahan dalam sitoplasma, memungkinkan tingkat regulasi gen yang tidak tersedia untuk prokariota.

Nukleus berfungsi sebagai pusat pengatur kegiatan sel.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Nukleus Meliputi Struktur dan Fungsinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET