Mengetahui Proses Pembentukan Tanan Meliputi Karakteristik dan Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Proses Pembentukan Tanan Meliputi Karakteristik dan Manfaatnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Tanah
Tanah adalah bagian dari kerak bumi yang memiliki susunan dari mineral dan bahan-bahan organik. Tanah memiliki peranan yang sangat vital bagi seluruh kehidupan di bumi, karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan. Dengan adanya hara serta air yang menjadi penopang bagi akar untuk tetap tumbuh dan berkembang.

Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan unsur hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernapas dan tumbuh.

Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan air dan menekan erosi, meskipun tanah sendiri juga dapat tererosi.

BACA:  Pengertian Inflasi, Penyebab dan Penggolongannya

Proses Pembentukan Tanah
Hans Jenny (1899-1992), seorang pakar tanah asal Swiss yang bekerja di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa tanah terbentuk dari bahan induk yang telah mengalami modifikasi atau pelapukan akibat dinamika faktor iklim, organisme (termasuk manusia), dan relief permukaan bumi (topografi) seiring dengan berjalannya waktu.

Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia, dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut.

 

Tanah terbentuk dari batuan dan batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan yaitu proses hancurnya batuan menjadi tanah. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor, di antaranya cuaca dan kegiatan makhluk hidup. Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan.

BACA:  Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia

Tanah terbentuk dari beberapa faktor yakni batuan, iklim, jazad hidup, topografi dan waktu. Adanya berbagai berbedaan dari faktor-faktor tersebut , maka proses pelapukan dan pembentukan tanah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan jenis tanah antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Manfaat Tanah
Terdapat beberaapa manfaat tanah bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, berikut beberapa diantaranya:

1. Tanah sebagai lahan
Sebagai lahan untuk pemukiman, lahan industri, lahan pertanian dan lain-lain.

 

2. Tanah sebagai bahan mentah industri
Tanah liat atau lempung merupakan bahan pembutan gerabah, bahan baku semen, bahan bangunan seperti pembuatan genteng dan bata, lumpur untuk pengeboran minyak, cetakan pengecoran besi. Tanah kaolin sejenis liat, lunak, warnanya putih/kuning/abu-abu kaya aluminium silikat dan dapat digunakan untuk bahan baku kertas, tekstil, kimia dan keramik.

BACA:  Pengertian Iklim Subtropis berserta Ciri dan Efeknya

3. Tanah sebagai sumber energi.
Tanah gambut merupakan salah satu sumber energi alternatif. Daerah persebaran tahan gambut di Indonesia terdapat di Sumatra Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Proses Pembentukan Tanan Meliputi Karakteristik dan Manfaatnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET