Disintegrasi: Pengertian dan Dampaknya Bagi Kehidupan Masyarakat

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Disintegrasi: Pengertian dan Dampaknya Bagi Kehidupan Masyarakat
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Disintegrasi
Disintegrasi adalah suatu keadaan tidak bersatu padu yang membuat keutuhan atau persatuan hilang dan dapat menyebabkan terjadinya perpecahan.

Disintegrasi berbentuk aksi demonstrasi, pergolakan daerah bagi kelompok atau individu yang merasakan adanya diskriminasi, aksi kriminalitas tidak terkendali, perilaku menyimpang dan konflik-konflik yang melibatkan isu agama, suku, rasa serta antar golongan (SARA).

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang definisi disintegrasi.
1. Soekanto Soekamto
Disintegrasi merupakan suatu keadaan yang terjadi di dalam masyarakat dalam situasi ketidakaturan, hal ini didasari pada memudarnya nilai dan norma yang telah hilang.

BACA:  Fertilisasi In Vitro (Bayi Tabung) dan Faktor yang Mempengaruhinya

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Disintegrasi merupakan realitas sosial yang menunjukan adanya ketidak bersatuan, karena keadaan yang terpecah belah dan menyebabkan hilangnya keutuhan dalam hidup.

3. Webster’s New Encyclopedic Dictionary
Disintegrasi merupakan suatu perpecahan yang terjadi pada bangsa dan negara hingga pada akhirnya menjadi bagian yang saling terpisah atau berbeda.

 

4. Mohammad Ali Al Humaidy
Disintegrasi sosial merupakan suatu proses dalam interaksi masyarakat majemuk, di mana ada satu atau beberapa kelompok yang berupaya untuk menanggalkan identitasnya sendiri serta melakukan suatu tindakan diskriminasi pada pihak lain, sebab pihak lain dianggap tidak mengamalkan nilai-nilai yang dianggap benar.

Dampak Disintegrasi
Beberapa Dampak dari Diintegrasi bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai berikut:
1. Timbulnya Perpecahan
2. Munculnya Masalah-masalah Sosial
3. Meningkatnya konflik sosial
4. Hubungan sosial antarkelompok masyarakat menjadi tidak harmonis
5. Terganggunya interaksi sosial
6. Integrasi sosial menjadi terancam
7. Nilai sosial tidak diterapkan dalam kehidupan sosial.

Bentuk-bentuk Disintegrasi

1. Disintegrasi Sosial
Contoh dari disintegrasi sosial adalah kekacauan yang terjadi di Timor Timur setelah jejak pendapat dan kekacauan yang terjadi di Maluku ketika terjadi kerusuhan SARA.

BACA:  Apa itu Lensa Cembung? dan Bagaimana Jenis serta Sifatnya

2. Disintegrasi Bangsa
Disintegrasi bangsa yaitu perpecahan hidup di dalam masyarakat yang disebabkan oleh adanya pengaruh dari negara lain. Disintegrasi ini dapat disebabkan pula oleh pengaruh dari suatu negara sendiri.

3. Disintegrasi Keluarga
Contoh dari disintegrasi keluarga adalah kurangnya kasih sayang serta perhatian dari orang tua, sikap anak yang melawan pada kedua orang tuanya, tidak adanya rasa kekeluargaan dalam keluarga, tidak adanya komunikasi yang lancar di dalam keluarga, nafkah dari suami yang tidak mencukupi kebutuhan anggota keluarga, orang tua atau anak atau salah satu anggota keluarga yang terlalu sibuk bekerja hingga kurang memperhatikan keluarga, dan lain sebagainya.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Disintegrasi: Pengertian dan Dampaknya Dalam Kehidupan Masyarakat
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET