Ciri-ciri Dari Protista Secara Umum

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Ciri-ciri Dari Protista Secara Umum

disimak baik-baik ya…

Pengertian Protista

Protista adalah kingdom yang terdiri dari satu sel atau banyak sel dan memiliki membrane inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal. Protista dapat di kelompokkan menjadi tiga bagian yaitu menyerupai hewan (protozoa), menyerupai tumbuhan (Ganggang) dan menyerupai jamur.

Protista merupakan organisme eukariot pertama dan paling sederhana. Disebut eukariotik karena mempunyai membran inti sel, namun tidak tergolong kedalam kingdom Animalia, Plantae, dan Fungi (Jamur).

 

Sebagian besar Protista hidup di air, karena tidak memiliki pelindung untuk menjaga tubuhnya dari hawa kering. Kingdom Protista adalah kingdom yang sederhana karena hanya tersusun atas satu sel sehingga dapat di kelompokan dalam kingdom sendiri. Tetapi ada juga yang multiseluler akan tetapi masih sangat sederhana dibandingkan dengan organisme lainnya.

BACA:  Apa itu Cultural Lag, Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Golongan Protista
Golongan yang masuk ke dalam kingdom ini ada tiga yaitu :

1. Protozoa
Mereka yang dianggap mirip dengan hewan, dan dikelompokkan menjadi : Flagellata, Rhizopoda, Cilliata, Sporozoa.

2. Algae
Mereka yang dianggap mirip dengan tumbuhan karena mampu berfotosintesis. Termasuk di dalamnya adalah kelompok-kelompok berikut : Alga hijau (Filum Chlorophyta), Alga merah (Filum Rhodophyta), Heterokontophyta (Filum Phaephyta), Filum Euglenophyta, Filum Phyrophyta (Dinoflagellata), Filum Bacillariophyta (Diatom), Filum Chrysophyta (Ganggang Pirang).

 

3. Protista mirip jamur
Beragam organisme dengan organisasi tingkat protista awalnya dianggap sama dengan jamur, sebab mereka memproduksi sporangia. Ini meliputi chytrid, jamur lendir, jamur air, dan Labyrinthulomycetes.

Ciri-Ciri Protista
Berikut ini ciri-ciri Protista :

1. Umumnya Uniseluler
Protista tersusun atas satu sel atau uniseluler. Tetapi ada juga yang multi seluler atau sel banyak.

BACA:  Unsur-Unsur Ekonomi Makro

2. Tipe Sel Eukariotik
Protista memiliki membran inti sehingga disebut sebagai sel eukariotik.

3. Hidup Bebas atau Simbiosis
Protista dapat hidup bebas dengan cara menguntungkan satu sama lain. Tetapi juga dapat bersifat parasite bagi organisme lainnya.

4. Habitat Umumnya di Tempat Lembab
Protista hidup di air atau tempat lembab. Bukan hanya di air tawar tetapi di laut juga yang kadar garamnya banyak Protista juga dapat hidup.

5. Bersifat Aerob dan Anaerob
Bersifat aerob karena memerlukan oksigen untuk proses respirasi yang bertempat pada mitokondria. Bersifat anaerob karena tidak memerlukan oksigen pada respirasi dengan bersimbiosis bersama bakteri yang bersifat aerob.

6. Bersifat Heterotrof dan Bersifat heterotrop
Protista memperoleh makanan dengan mengabsorsi molekul organik dan sebagian lagi bersifat fotoautotrof karena memiliki kloroplas sebagai tempat untuk menangkap energi matahari.

BACA:  Sejarah Kerjaan Cirebon yang Pernah Ada di Nusantara

7. Bersifat Motil
Protista dapat di sebut dengan motil yang bergerak bebas. Ada sebagian Protista yang mempunyai alat gerak seperti flagel atau bulu cambuk, silia atau rambut getar, dan pseudopodia atau kaki semu. Dengan demikian

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :

Ciri-ciri Dari Protista Secara Umum

Semoga Membantu ^-^

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET