Mengapa Gelas Kaca Bisa Pecah Saat Terkena Air Panas ?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :
Ketahui : Mengapa Gelas Kaca Bisa Pecah Saat Terkena Air Panas ?
Disimak baik-baik ya…

 

Gelas Kaca yang Pecah karena Dituangi Air Panas

Berdasarkan ilmu fisika, gelas kaca yang pecah ketika dituangi air yang panas yang baru mendidih disebabkan oleh peristiwa pemuaian yang yang terjadi pada gelas secara tidak merata.

Pada saat kita menuang air panas maka permukaan bagian dalam gelas yang terkena air panas secara tiba-tiba akan cepat memuai, sementara permukaan luarnya belum memuai. Akibatnya, terjadi ketidakmerataan pemuaian pada gelas yang menyebabkan gelas tersebut retak atau pecah.

Apabila seluruh bagian kaca memuai bersamaan, maka gelas tidak akan pecah atau retak. Oleh karena itu, jangan menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.

BACA:  Proses Pembentukan Batuan Metamorf dan Contohnya

Cara Mencegah Gelas Pecah Saat Dituangi Air Panas

 

Pecahnya gelas ketika dituangi air panas dapat dicegah dengan bantuan benda lain yang memiliki sifat penghantar panas, misalnya sendok.

Sendok dimasukkan ke dalam gelas yang akan dituangi air panas.

Pada saat air panas diisi ke gelas, kalor dari air akan terbagi ke sendok, sehingga kalor yang diterima permukaan dalam gelas sedikit berkurang.

Hal ini selanjutnya akan mengurangi reaksi pemuaian pada gelas dan resiko pecahnya gelas juga menjadi kecil.

 

Kesimpulan

Pada proses pengisian gelas dengan air panas, air panas akan mengenai bagian dalam gelas sedangkan bagian luar tidak tersentuh sama sekali oleh air panas. Hal ini menyebabkan pemuaian tidak merata dalam waktu yang cukup singkat, pada saat bagian dalam terkena air panas, bagian tersebut akan memuai terlebih dahulu dan bagian luar (yang masih dingin) belum memuai, sehingga ketidakseimbangan tersebut dapat menyebabkan gelas retak/pecah.

BACA:  Pengertian dan Jenis-Jenis Hidrologi Beserta Prosesnya

Gelas kaca bisa pecah jika diisi air panas secara tiba-tiba. karena adanya pemuaian tidak merata antara bagian dalam dan luar gelas.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang : Ketahui : Mengapa Gelas Kaca Bisa Pecah Saat Terkena Air Panas ?

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref. : fisika.co.id

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET