Mengetahui Pengertian Jari-Jari Atom dan Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Pengertian Jari-Jari Atom dan Jenis-Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Jari-jari Atom
Jari-jari atom adalah jarak dan inti atom sampai ke eloktron pada kulit terluar. Untuk unsur-unsur segolongan, jari-jari atom semakin ke bawah, semakin besar. Hal ini disebabkan jumlah kulit yang dimiliki atom semakin banyak maka kulit terluar semakin jauh dari inti atom.

Untuk unsur-unsur seperiode, jari-jari atom dari kiri ke kanan semakin pendek. Sekalipun jumlah kulittnya sama, tetapi banyaknya proton brrtambah sehingga elektron -elektron terluar tertarik lebih dekat ke arah inti.

Jenis-Jenis Jari-jari Atom
Terdapat beberapa jenis jari-jari atom yang digunakan untuk menyatakan jarak dari inti atom ke lintasan stabil terluar dari elektronnya, di antaranya adalah jari-jari kovalen, jari-jari logam dan jari-jari van der Waals. Berikut penjelasannya:

BACA:  Sejarah Romusha dan Gerakan Tahun 1942–1945

1. Jari-jari kovalen
Jari-jari atom diukur menggunakan jari-jari kovalen untuk elemen-elemen yang memiliki jenis ikatan kovalen. Umumnya elemen-elemen ini merupakan elemen-elemen non-logam.

Jari-jari kovalen untuk elemen-elemen yang tidak dapat berikatan dapat diperkirakan dengan melakukan kombinasi jari-jari dari elemen-elemen yang dapat berikatan dalam molekul untuk atom-atom yang berbeda.

 

2. Jari-jari logam
Jari-jari atom diukur menggunakan jari-jari logam untuk elemen-elemen yang termasuk dalam elemen-elemen logam. Jari-jari logam adalah setengah jarak dari jarak internuklir terdekat dari atom-atom dalam kristal logam.

3. Jari-jari van der Waals
Jari-jari atom diukur menggunakan jari-jari van der Waals untuk elemen yang atom-atomnya tidak dapat saling berikatan. Contoh dari kelompok ini adalah gas mulia, di mana dikatakan bahwa atom-atom dari elemen ini tak termampatkan atau terpadatkan (unsquashed).

BACA:  Mengetahui Pengertian Komponen Biotik dan Jenis-Jenisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Pengertian Jari-Jari Atom dan Jenis-Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET