Mengetahui Pengertian Ribosom Beserta Susunan, Fungsi dan Cirinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Pengertian Ribosom Beserta Susunan, Fungsi dan Cirinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Ribosom
Ribosom adalah organel ukuran kecil dan padat yang terdapat dalam sel dan berperan sebagai tempat sintesis protein. Ribosom terdapat dalam sitoplasma dan melekat pada membran RE ketika berlangsungnya proses sintesis protein. Jika proses sintesis protein tidak berlangsung ribosom akan berbentuk sub unit kecil dan sub unit besar.

Secara harfiah, kata ribosom ini berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata ‘Soma’ dan kata ‘ribonucleic acid’. Kata Soma sendiri yang memiliki arti sebagai ‘badan’, sedangkan ribonucleic acid memiliki arti sebagai asam ribonukleat.

Ribosom juga merupakan komponen sel yang membuat protein dari semua asam amino. Ribosom memiliki diameter sekitar 20 nm dan terdiri atas 65% RNA ribosom dan 35% protein ribosom.

BACA:  Mengetahui 7 Gunung Tertinggi di Indonesia pada Pulau Jawa

Susuna Ribosom
Ribosom tersusun dari ARN dan protein. ARN penyusun ribosom terdiri dari ARN Ribosom (ARNr), tetapi ketika sedang mengalami sintesis protein ada ARN lain yang terlibat, seperti ARN Duta (ARNd) dan ARN Transfer (ARNt) yang melekat pada ribosom.

ARNd berfungsi sebagai penyampai informasi genetik tentang protein yang harus disintesis, sedangkan ARNt berfungsi menyediakan jenis-jenis asam amino yang akan diproses menjadi protein.

 

Berdasarkan komposisi pada jasad prokariotik dan eukariotik, susunan ribosom terdiri dari subunit besar dan subunit kecil. Pada jasad prokariot, subunit kecil mempunyai koefisien sedimentasi sebesar 30S (unit svedberg), sedangkan subunit besar adalah 50S.

Namun, apabila digabungkan koefisien sedimentasinya menjadi 70S. Pada jasad eukariot, subunit kecil mempunyai koefisien sedimentasi sebesar 40S, sedangkan subunit besar adalah 60S. Namun, sebagai kesatuan jasad eukariot memiliki koefisien sedimentasi 80S.

BACA:  Pelumas: Pengertian, Karakteristik dan Penentuan Standart Mutu

Fungsi Ribosom
Terdappat beberapa fungsi ribosom, antara lain:
1. Fungsi ribosom sebagai proses sintesis protein
Fungsi ribosom sendiri yang paling penting dalam proses sintesis protein adalah efektif menerjemahkan kode dari mRNA yang nantinya akan berubah menjadi protein.

Ribosom juga bisa melakukan proses sintesis terhadap protein dan enzim secara bebas sehingga dapat berfungsi juga sebagai katalisator pada cairan dalam sitosol.

 

2. Fungsi ribosom sebagai translasi
Fungsi dari tugas translasi ini adalah guna menerjemahkan atau menyalurkan informasi terkait urutan nukleotida yang terkandung dalam molekul pemebentuk mRNA.

Setelah itu, ribosom akan mengubahnya menjadi suatu rangkaian asam amino baru sebagai penyusun dari protein yang baru juga.

3. Fungsi ribosom sebagai transkripsi
Fungsi ribosom yang selanjutnya adalah sebagai transkripsi dalam proses sintesis protein. Dalam proses pembentukan protein ini, salah satu dari beberapa rangkaian DNA yang terbentuk akan mengalami suatu proses bernama transkripsi yang akan menghasilkan RNA sebagai hasil akhirnya nanti.

BACA:  Ciri-Ciri Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Ciri-Ciri Ribosom
Terdappat beberapa ciri-ciri ribosom, antara lain:

  1. Terdiri dari susunan RNA dan protein yang mendominasi
  2. Pada ribosom, RNA ribosom (rRNA) sebesar 65% dan proteinnya sebesar 35%
  3. Bentuknya menyerupai butiran kecil dengan diameter sekitar 20-22 nanometer.
  4. Merupakan organ sel terkecil dalam sel.
  5. Fungsi ribosom sebagai penghasil protein.
  6. Beberapa dikategorikan sebagai ribosom terikat dan ribosom bebas.
  7. Terdapat pada setiap sel makhluk hidup, mulai dari tumbuhan, hewan, hingga prokariotik, dan eukariotik.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Pengertian Ribosom Beserta Susunan, Fungsi dan Cirinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET