Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Pernapasan
Pernapasan pada Manusia adalah suatu proses dimana udara yang masuk ke dalam paru-paru digerakkan keluar masuk sehingga terjadi pertukaran gas di lingkungan internal tubuh yakni memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida ke luar tubuh.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pernapasan melibatkan dua aktivitas, yaitu menghirup udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.

Proses Pernapasan Pada Manusia
Proses pernapasan pada manusai terdiri dari dua tahap, yaitu:
1. Inspirasi (penghirupan)
Selama proses inspirasi atau penghirupan, volume paru-paru mengembang sebagai akibat dari kontraksi diafragma dan otot-otot interkostal atau otot-otot yang terhubung ke tulang rusuk, sehingga memperluas rongga dada. Penurunan tekanan di rongga dada relatif terhadap lingkungan membuat tekanan rongga kurang dari tekanan atmosfer. Gradien tekanan antara atmosfer dan rongga dada ini memungkinkan udara untuk masuk ke dalam paru-paru.

BACA:  Pengertian Sifat Koligatif Larutan dan Faktor yang Mempengaruhinya

2. Ekspirasi (pengembusan)
Selama proses ekspirasi atau penghembusan, paru-paru mundur untuk memaksa udara keluar dari paru-paru. Otot-otot interkostal rileks, mengembalikan dinding dada ke posisi semula. Diafragma juga rileks, bergerak lebih tinggi ke dalam rongga dada. Tekanan udara dalam paru-paru akan naik melebihi tekanan udara atmosfer dan udara akan mengalir keluar dari paru-paru. Jadi, keluarnya udara pernapasan dari paru paru adalah karena rongga dada mengecil dan tekanan udara dalam paru-paru membesar.

Jenis-Jenis Pernapasan Pada Manusia
Secara garis besar, terdapat 2 jenis pernapasan pada tubuh, yakni:
1. Pernapasan dada
adalah pernapasan yang dibentuk oleh otot dada antar tulang rusuk. Ini adalah jenis pernapasan yang umumnya kita lakukan. Proses dari pernapasan dada adalah sebagai berikut:
– Saat inspirasi, otot antar tulang rusuk luar berkontraksi dan tulang rusuk terangkat. Hal itu membuat volume rongga dada membesar karena terisi udara dan paru-paru juga mengembang, yang membuat tekanan udara menjadi lebih kecil dari udara atmosfer sehingga udara bisa masuk.
– Saat ekspirasi, otot antar tulang rusuk menjadi rileks. Tulang rusuk akan tertarik ke posisi semula, volume rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada meningkat, sehingga tekanan udara dalam paru-paru lebih tinggi dari udara atmosfer sehingga udara akan keluar.

 
BACA:  Pengertian, Jenis dan Contoh Majas Sindiran

2. Pernapasan Perut
Pernapasan perut dibantu oleh otot diafragma yang terletak di bawah perut. Jenis pernapasan ini umumnya terjadi ketika kamu tidur. Proses dari pernapasan perut adalah sebagai berikut:
– Saat Inspirasi, terjadi ketika otot diafragma berkontraksi. Diafragma masuk mengakibatkan volume rongga dada membesar, sehingga tekanan udaranya mengecil. Hal itu diikuti paru-paru yang mengembang, mengakibatkan tekanan udaranya lebih kecil dari tekanan udara atmosfer, sehingga udara bisa masuk.
-Saat ekspirasi bermula dari otot diafragma yang berelaksasi dan otot dinding perut berkontraksi yang menyebabkan diafragma terangkat dan melengkung menekan rongga dada. Hal itu menyebabkan volume rongga dada mengecil dan tekanannya meningkat, sehingga udara dalam paru-paru keluar.

BACA:  Pengertian Parafrasa Meliputi Ciri-Ciri dan Teknik Penulisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Memahami Proses dan Jenis Pernapasan Pada Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET