Fungsi Lalat Bagi Kehidupan Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Fungsi Lalat Bagi Kehidupan Manusia
disimak baik-baik ya…

Pengertian Lalat

Lalat merupakan salah satu jenis serangga dari ordo Diptera, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu di berarti dua dan ptera berarti sayap, jadi diptera berati memiliki dua sayap.

 

Perbedaan yang paling jelas antara lalat dan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang.

Anatomi dan Biologi Lalat
Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping, telah beradaptasi dengan gerakan udara. Lalat memiliki kepala yang dapat bergerak dengan mata dan sebagian besar memiliki mata majemuk yang besar di sisi kiri dan kanan kepalanya, dengan tiga ocelli kecil di atasnya. Untuk pengendalian arah pandangan, wilayah jangkauan optik dianalisis oleh sekumpulan neuron yang sensitif terhadap gerakan.

BACA:  Fungsi Beberapa Alat di Laboratorium Kimia

Tidak ada spesies lalat yang memiliki gigi atau atau organ lainnya yang memungkinkan mereka untuk memakan makanan padat. Lalat hanya mengonsumsi makanan cair atau butiran-butiran kecil, seperti serbuk sari, dan bagian-bagian mulut dan pencernaan mereka menunjukkan modifikasi yang bervariasi sesuai dengan jenis makanannya.

Reproduksi dan Perkembangan Lalat

Ketika lalat kawin, jantan awalnya terbang di atas betina, menghadap ke arah yang sama, tetapi kemudian berbalik untuk menghadapi dalam arah yang berlawanan. Hal ini akan memaksa jantan untuk berbaring di punggungnya agar alat kelaminnya tetap menempel di kelamin lalat betina, atau torsi dari alat kelamin jantan memungkinkan pasangan jantan untuk sementara tetap tegak. Hal ini menyebabkan lalat memiliki kemampuan reproduksi lebih dari sebagian besar serangga, dan pada tingkat yang jauh lebih cepat.

BACA:  Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya

Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan seperti pada buah yang hampir matang, memungkinkan larva mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa.

Telur menetas segera setelah diletakkan, atau lalat yang ovovivipar, dengan penetasan larva dalam tubuh induk. Larva lalat tidak memiliki kaki yang benar. Beberapa larva Dipteran, seperti spesies Simuliidae, Tabanidae, dan Vermileonidae, memiliki proleg disesuaikan dengan fungsi seperti berpegangan pada substrat dalam air yang mengalir, memegang jaringan inang, atau memegang mangsa.

 

Fungsi Lalat Bagi Kehidupan Manusia
Beberapa fungsi lalat bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut:
1. Lalat Sebagai Hewan Pengurai Limbah
2. Membantu Penyerbukan Tanaman
3. Menjadi Predator dan Mangsa
4. Maggot Theraphy atau menggunakan larva lalat untuk theraphy kesehatan
5. Larva lalat Sebagai Sumber Pangan Alternatif yang dijadikan sebagai pakan untuk ikan
6. Lalat Memiliki Gen Refilin yang dalam dunia industri digunakan sebagai pengganti karet yang biasa didapatkan dari getah karet atau yang lain.
7. Lalat memiliki fungsi untuk kesehatan, pada syaraf arteri yang banyak terjadi penyumbatan, gen-gen refilin yang ada pada sayap seekor lalat dapat mengobati penyumbatan tersebut.

BACA:  Morfologi Bunga Meliputi Pembentukan dan Perkembangannya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Fungsi Lalat Bagi Kehidupan Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET