Pola pengembangan Paragraf : Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Sangat Penting Bagi Makhluk Hidup

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Pola pengembangan Paragraf : Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Sangat Penting Bagi Makhluk Hidup

disimak baik-baik ya…

Paragraf Soal
Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Terjadinya hujan sangat dipengaruhi oleh konveksi di atmosfer bumi dan lautan. Konveksi adalah proses pemindahan panas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Air yang ada di permukaan bumi mengalami proses penguapan akibat adanya panas sinar matahari. Air tersebut menguap ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit.

Jawaban
1.  Pada Pengembangan pada teks ekspanasi di atas memakai pola pengembangan kausalitas.

2. Pola pengembangan paragraf di atas adalah pola pengembangan umum – khusus.

 

Pembahasan

BACA:  Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif dan Manfaatnya

1. Pola pengembangan Teks Eksplanasi

Pola pengembangan adalah pola yang digunakan penulis untuk mengembangkan ide dalam suatu teks atau cerita. Salah satu teks yang menerapkan penggunaan pola pengembangan adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi merupakan teks yang menyajikan informasi berupa detil terjadinya suatu peristiwa.

Ada dua aspek yang dilaporkan dalam teks eksplanasi. Kedua teks tersebut mencakup bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi. Adapun pola pengembangan yang terdapat dalam teks eksplanasi adalah kausalitas dan kronologis.

 

Pola pengembangan kausalitas menekankan pada sebab akibat terjadinya sesuatu. Sementara itu, pola pengembangan kronologis menekankan pada urutan waktu terjadinya peristiwa.

Pada Pengembangan pada teks di atas memakai pola pengembangan kausalitas.

Alasannya : Pola pengembangan kausalitas menekankan pada sebab akibat terjadinya sesuatu, pada paragraf di atas di tandai dengan kata akibat pada kalimat “Air yang ada di permukaan bumi mengalami proses penguapan akibat adanya panas sinar matahari”

BACA:  Mengubah Teks Hikayat Pada Kutipan Menjadi Cerpen

2. Pola pengembangan paragraf

Pola pengembangan paragraf merupakan cara seseorang penulis dalam mengembangkan pola pikirnya berupa pengembangan kalimat topik ke dalam kalimat-kalimat penjelas yang dituangkan dalam sebuah paragraf.

Berdasarkan urutan ide pokoknya, pola pengembangan paragraf terbagi atas :
1. Umum – khusus : Ide pokok paragraf terletak di awal kalimat sebagai pembuka topik dengan diikuti beberapa kalimat penjelas.
2. Khusus – umum : ide pokok terletak di akhir kalimat sebagai simpulan yang sebelumnya diawali oleh beberapa kalimat penjelas.

Berdasarkan paragraf di atas, pola pengembangan paragraf adalah pola umum – khusus. Hal ini dapat diketahui melalui letak ide pokok yang berada di awal kalimat sebagai pembuka atau topik permasalahan, yang kemudian dilanjutkan oleh beberapa kalimat penjelas.

BACA:  Perpindahan Kalor atau Panas Secara Konduksi atau Rambatan

pola pengembangan paragraf tersebut adalah pola pengembangan umum – khusus

Alasannya : ide pokok yang terkandung dalam paragraf di atas bersifat umum kemudian menjelaskan lebih khusus “Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup”

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :

Pola pengembangan Paragraf : Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Sangat Penting Bagi Makhluk Hidup

Semoga Membantu ^-^

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET