Kerja Sama ASEAN Pusat Penelitian dan Latihan Ilmu Pertanian (SEARCA) Didirikan di Negara Mana?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Kerja Sama ASEAN Pusat Penelitian dan Latihan Ilmu Pertanian (SEARCA) Didirikan di Negara Mana?
disimak baik-baik ya…

 

Jawaban
Kerja Sama ASEAN Pusat Penelitian dan Latihan Ilmu Pertanian (SEARCA) Didirikan di Negara Filipina

Pembahasan

SEARCA merupakan badan dari organisasi ASEAN yang dibentuk 27 November 1966 oleh anggota negara ASEAN yang berpusat di Los Banos, Filipina. Adapun tujuan dibentuk badan ini adalah sebagai upaya mendukung munculnya inovasi di bidang pertanian dan industri bahan pangan pedesaan di wilayah Asia Tenggara.

SEARCA atau Pusat Regional Asia Tenggara untuk Studi dan Penelitian Pascasarjana Pertanian adalah salah satu yang tertua di antara 26 lembaga spesialis dari Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMEO). SEARCA diberi mandat untuk memperkuat kapasitas kelembagaan dalam pembangunan pertanian dan pedesaan di Asia Tenggara.

BACA:  Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Melawan Penjajahan di Indonesia

Tujuan dibentuknya SEARCA adalah sebagai organisasi yang menitikberatkab pada Pendidikan dan Pembelajaran Kolektif Penelitian dan Kepemimpinan Pemikiran Muncul Inovasi untuk Pertumbuhan.

SEARCA melayani 11 negara anggota SEAMEO, yaitu: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor-Leste. Pusatnya diselenggarakan oleh Pemerintah Filipina di kampus Universitas Filipina Los Baños (UPLB) di Laguna, Filipina.

Pada Juli 2020, SEARCA meluncurkan Rencana Lima Tahun ke-11 yang berfokus pada Akselerasi Transformasi Melalui Inovasi Pertanian (ATTAIN).

 

Untuk Rencana Lima Tahun ke-11 (TA 2020/2021- TA 2024/2025), SEARCA berkomitmen untuk mempercepat transformasi yang meningkatkan kualitas hidup keluarga petani melalui mata pencaharian yang berkelanjutan dan akses ke jaringan modern dan pasar yang inovatif. Upaya transformasi akan difokuskan pada inovasi kebijakan, kelembagaan, sosial dan teknologi.

BACA:  Peranan Kingdom Plantae yang Menguntungkan dan Merugikan Manusia

Selama lebih dari 50 tahun, SEARCA telah menjalankan mandatnya untuk memperkuat kapasitas institusi yang bekerja menuju pembangunan pertanian dan pedesaan di Asia Tenggara. Untuk mengartikulasikan FYP ke-11, SEARCA telah mengubah posisi produk dan layanannya berdasarkan kebutuhan kelompok pemangku kepentingannya untuk mendukung upaya mereka menciptakan lebih banyak dampak di tingkat dasar.

Adapun prioritas SEARCA di bidang pertanian dan industri bahan pangan seperti:
1. Model Agri-Bisnis untuk peningkatan produktivitas dan pendapatan
2. Sistem pertanian berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya alam
3. Ketahanan pangan dan gizi
4. Kepemimpinan dan transformasional untuk ISPA
5. Gender dan keterlibatan remaja dalam ISPA
6. Peningkatan ISPA menuju ketahanan iklim
7. dan Penerapan EcoHealh/One Health untuk ISPA

BACA:  Mengetahui Pengertian Kata Sifat Beserta Ciri-Ciri dan Jenisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Kerja Sama ASEAN Pusat Penelitian dan Latihan Ilmu Pertanian (SEARCA) Didirikan di Negara Mana?
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET