Makna Tersirat dari Teks Anekdot “Onyod Si Tukang Becak”

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

Makna Tersirat dari Teks Anekdot “Onyod Si Tukang Becak”

 

disimak baik-baik ya…

Pengertian Teks Anekdot

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks anekdot adalah sebuah cuplikan cerita singkat yang memiliki daya tarik karena ada kandungan humor yang membuat orang terkesan. Selain itu, teks anekdot biasanya juga membahas orang penting atau terkenal dan tentunya berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Analisis Struktur Teks Anekdot
Pada struktur teks anekdot, setidaknya ada 5 hal yang bisa kita analisis, yaitu:
1) Abstrak: Pendahuluan/bagian pembuka.
2) Orientasi: Awal suatu kejadian (saat cerita mulai bergulir).
3) Krisis: Puncak cerita. Biasanya berisi konflik/masalah yang terjadi kepada karakter.
4) Reaksi: Hal yang dilakukan karakter setelah mengalami krisis.
5) Koda: Bagian penutup yang berisi amanat/kritik.

Baca Juga : Pengertian Tema dalam Teks Anekdot

Pertanyaan
Apa Makna Tersirat dari Teks Anekdot “Onyod Si Tukang Becak”

BACA:  Tekanan dalam Ilmu Fisika: Pengertian, Jenis dan Penerapan

Pembahasan

 

Onyod Si Tukang Becak
Pada suatu hari, Onyod si tukang becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah Ia di sebuah rumah makan sederhana milik odah.
Onyod:”mbak! saya hanya punya uang tiga ribu rupiah,kalau saya makan di rumah makan ini, dapat daging ayam atau ikan tidak,ya?”
Odah:”oalaaahh Mas, Mas ini! masa tiga ribu perak sampean mau makan enak? tidak dapat mas!”
Dengan menahan kesal karena dihardik si Mbak pemilik rumah makan, akhirnya Onyod si tukang becak makan dengan hanya dilengkapi kerupuk, sedikit sambal dan sepiring nasi. Keesokan harinya, ketika Onyod sedang mengayuh becaknya, dari kejauhan ada yg memanggilnya. Ternyata yg memanggilnya odah si pemilik rumah makan.
Odah:”Mas Onyod, antar saya ke rumah makan, ya? tiga ribu,ya?”
Onyod:”tiga ribu? ya sudah, naik deh, Mbak!”
Ketika melewati jalan menurun, Odah terlihat ketakutan sebab becak yg ditumpanginya melaju dengan cepat.
Odah:”Mas Onyod! hati-hati, jangan kebut-kebutan, ah! sering-sering direm, Mas! aku takut nih si Mas ngebut banget!”
Onyod:(sambil senyum puas) “mbak, mbak! masa sih dengan ongkos tiga ribu si mbak ingin pake rem? dimana-mana juga kalau hanya bayar tiga ribu,ya tidak pakai rem dong, mbak!”
Odah:”aaaaaaa”(hampir pingsan)

BACA:  Perjuangan Teuku Umar Melawan Penjajahan di Indonesia

Pembahasan
1. Abstrak
Pada Suatu Hari, Onyod Si Tukang Becak Berniat Membeli Makan Siangnya

2. Orientasi
Selepas Mengayuh Becaknya Selama Setengah Hari.Tibalah Ia Di Sebuah Rumah Makan Sederhana Milik Odah.

3. Krisis

Onyod:”Mbak!Saya Hanya Punya Uang Tiga Ribu Rupiah,Kalau Saya Makan Di Rumah Makan Ini,Dapat Daging Ayam Atau Ikan Tidak,Ya?”
Odah:”Oalaaahh Mas,Mas Ini!Masa Tiga Ribu Perak Sampean Mau Makan Enak?Tidak Dapat Mas!”

4. Reaksi
Dengan Menahan Kesal Karena Dihardik Si Mbak Pemilik Rumah Makan,Akhirnya Onyod Si Tukang Becak Makan Dengan Hanya Dilengkapi Kerupuk,Sedikit Sambal Dan Sepiring Nasi. Keesokan Harinya,Ketika Onyod Sedang Mengayuh Becaknya,Dari Kejauhan Ada Yg Memanggilnya. Ternyata Yg Memanggilnya Odah Si Pemilik Rumah Makan.
Odah:”Mas Onyod,Antar Saya Ke Rumah Makan,Ya?Tiga Ribu,Ya?”
Onyod:”Tiga Ribu?Ya Sudah,Naik Deh,Mbak!”
Ketika Melewati Jalan Menurun,Odah Terlihat Ketakutan Sebab Becak Yg Ditumpanginya Melaju Dengan Cepat.

 
BACA:  Pengertian Tulang Paha Meliputi Fungsi dan Bagian-Bagiannya

5. Koda
Odah:”Mas Onyod!Hati-Hati,Jangan Kebut-kebutan,Ah!Sering-Sering DiRem,Mas!Aku Takut Nih Si Mas Ngebut Banget!”
Onyod:(Sambil Senyum Puas)”Mbak,Mbak!Masa Sih Dengan Ongkos Tiga Ribu Si Mbak Ingin Pake Rem?Dimana-Mana Juga Kalau Hanya Bayar Tiga Ribu,Ya Tidak Pakai Rem Dong,Mbak!”
Odah:”Aaaaaaa”(Hampir Pingsan)

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Makna Tersirat dari Teks Anekdot “Onyod Si Tukang Becak”

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET