Pelumas: Pengertian, Karakteristik dan Penentuan Standart Mutu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pelumas: Pengertian, Karakteristik dan Penentuan Standart Mutu
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Sejarah pelumas dimulai ribuan tahun yang lalu, pada 2400 SM (dan mungkin sebelumnya), sebuah patung Mesir diangkut ke kuburan Tehuti-Hetep, El-Bersheh dengan bantuan pelumas cair (minyak/air) untuk mengurangi gesekan antara kereta luncur dan tanah / pasir. Pada 1400 SM, orang Mesir menggunakan lemak hewani untuk melumasi as roda kereta.

Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Umumnya pelumas terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan. Salah satu penggunaan pelumas paling utama adalah oli mesin yang dipakai pada mesin pembakaran dalam.

Menurut Biolubricants (2013), pelumas adalah zat yang digunakan untuk memfasilitasi gerakan relatif benda padat dengan meminimalkan gesekan dan keausan antara permukaan yang berinteraksi.

BACA:  Urutan Lapiran Matahari dalam Ilmu Geografi

Menurut Merriam-Webster (2020), pelumas adalah zat (seperti gemuk) yang mampu mengurangi gesekan, panas, dan keausan saat dimasukkan sebagai film di antara permukaan padat, sehingga sesuatu yang mengurangi atau mencegah gesekan atau kesulitan.

Karakteristik
Pelumas memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:

 

1. Titik nyala tinggi dan titik tuang rendah (untuk mengalirkan dan melumasi dalam kisaran suhu)
2. Indeks viskositas tinggi (agar tetap stabil dan melumasi dalam kisaran suhu dan perubahan suhu)
3. Stabilitas termal
4. Penyapihan (Kemampuan pemisahan air)
5. Pencegahan korosi
6. Resistensi keasaman tinggi
7. Dapat bercampur dengan pelumas lain
8. Fungsi efektif dalam tekanan dan beban tinggi

Penentuan Standart Mutu
Ada tiga lembaga internasional yang dianggap berwenang untuk menentukan standart mutu minyak pelumas dunia yaitu SAE, JASO dan API. Berikut penjelasannya:

1. SAE (Society of Automotive Engineers)
SAE adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers, suatu asosiasi yang mengatur standardisasi di berbagai bidang seperti bidang rancang desain teknik, manufaktur, dll. Kode SAE digunakan untuk menunjukkan tingkat kekentalan (viscocity).

BACA:  Akhir Pemerintahan Kesultanan Samudera Pasai

Tulisan seperti ini: SAE 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50, adalah standardisasi yang dikeluarkan oleh pihak SAE untuk kualitas dari kekentalan oli.

 

2. JASO (Japanese Automotive Standards Organization)
JASO (Japanese Automotive Standards Organization) mengeluarkan Kode seperti JASO MA, JASO MB: adalah standardisasi yang dikeluarkan oleh terkait jenis oli terkait di mana saja bagian mesin yang boleh dilumasi oleh oli tersebut.

JASO MA adalah jenis oli yang boleh melumasi mesin, transmisi, sekaligus kopling. Poin utamanya adalah di sektor pelumasan kopling, tipe JASO MA mampu melumasi bagian kopling tanpa membuat kopling selip (kopling yang selip menyebabkan tenaga tidak disalurkan dengan baik dari mesin ke transmisi).

3. API (American Petroleum Institute)
Sedangkan API menggunakan kode seri S untuk mesin Bensin dan C untuk mesin diesel. Kode ditunjukkan untuk pembeda kualitas berdasar ujian dengan mesin tes. Huruf S dan C akan selalu disertai huruf lain yang berurutan dari A, yang merupakan kualitas terendah sampai Z berkualitas terbaik.

BACA:  Teori Asam Basa Arrhenius Beserta Contohnya

Klasifikasi penggunaan pelumas menurut kode API sebagai berikut:
– Klasifikasi Pemakaian Mesin Bensin
Kode SD: Satu tingkat dibawah SE.
Kode SC: Mampu mencegah karat dan besi dari keropos. dibuat khusus untuk mobil keluaran 1967

– Klasifikasi Pemakaian Mesin Diesel
Kode CC: Sangat cocok untuk mesin diesel untuk kendaraan bermotor baik yang bertugas berat (truk) atau mobil berpenumpang.
Kode CD: Cocok untuk mesin alat-alat besar meskipun sudah dilengkapi dengan turbo charger.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pelumas: Pengertian, Karakteristik dan Penentuan Standart Mutu
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET