Apa itu Sel Elektrolisis dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Apa itu Sel Elektrolisis dan Bagaimana Cara Kerjanya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Sel Elektrolisis
Elektrolisis adalah penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik pada sel elektrolisis. Reaksi kimia akan terjadi jika arus listrik dialirkan melalui larutan elektrolit, yaitu energi listrik (arus listrik) diubah menjadi energi kimia (reaksi redoks). Tiga ciri utama, yaitu:

  • Ada larutan elektrolit yang mengandung ion bebas. Ion-ion ini dapat memberikan atau menerima elektron sehingga elektron dapat mengalir melalui larutan.
  • Ada sumber arus listrik dari luar, seperti baterai yang mengalirkan arus listrik searah (DC).
  • Ada 2 elektrode dalam sel elektrolisis.
BACA:  Asal-Usul Ken Arok Menurut Kirab Pararaton

Sel elektrolisis dapat kita artikan sebagai perubahan arus listrik menjadi suatu reaksi kimia. Sel elektrolisis tersusun dari elektroda-elektroda yang dicelupkan dalam suatu kompartemen yang berisi larutan elektrolit. Pada sel elektrolisis terdapat 2 buah elektroda yang dihubungkan pada sumber listrik yaitu anoda di kutub positif dan katoda di kutub negatif. Anoda pada sel elektrolisis merupakan tempat terjadinya reaksi oksidasi, sedangkan katoda merupakan tempat terjadinya reaksi reduksi.

Cara Kerja Sel Elektrolisis
Sel elektrolisis mempunyai dua elektroda bersifat negatif dan positif. Cara kerja sel elektrolisis yaitu dengan menghubungkan sumber arah dari kutub negatif ke katode dan kutub positif ke anode.

Pada kompartemen yang berisi larutan elektrolit, dicelupkan 2 buah elektroda, kemudian kedua elektroda tersebut dihubungkan dengan sumber listrik. Nah, elektron yang berasal dari sumber listrik nantinya akan masuk ke katoda dan keluar melalui anoda. Jadi katoda akan bermuatan negatif sedangkan anoda akan bermuatan positif.

 
BACA:  Upaya Untuk Meredakan Konflik Antar Masyarakat Dengan Melakukan Penyesuaian Perbedaan di Segala Bidang

Di dalam kompartemen tersebut, larutan elektrolit juga akan mengion menjadi kation dan anion. Kation akan tertarik ke arah katoda karena katoda bermuatan negatif dan anion akan tertarik ke arah anoda karena anoda bermuatan positif.

Untuk larutan elektrolit yang bisa digunakan dalam sel elektrolisis yaitu larutan garam, larutan asam, larutan basa, dan bisa juga digunakan lelehan dan leburan garam.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Apa itu Sel Elektrolisis dan Bagaimana Cara Kerjanya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET