Mengetahui Bentuk, Ukuran, dan dan Struktur Lapisan Bumi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Bentuk, Ukuran, dan dan Struktur Lapisan Bumi
disimak baik-baik ya…

 

Bumi adalah salah satu planet dalam sistem tata surya dan merupakan planet yang dihuni oleh manusia dan merupakan planet ketiga dari Matahari.  Bumi merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian di Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bentuk Bumi
Bentuk Bumi kira-kira menyerupai sferoid pepat, bola yang bentuknya tertekan pipih di sepanjang sumbu dari kutub ke kutub sehingga terdapat tonjolan di sekitar khatulistiwa. Bumi merupakan planet yang bentuknya bulat. Dan jika diukur lebih akurat lagi, bentuknya tidak bulat sempurna, tapi sedikit lonjong mirip telur ayam.

BACA:  Hukum Archimedes: Rumus dan Contoh Soal

Bentuk bumi yang seperti telur ayam ini disebut juga dengan Geoid. Yang lebih menarik lagi, tidak ada planet lain di alam semesta yang bentuknya persis seperti bumi. Bumi memiliki bentuk yang tidak akan bisa disamakan dengan bentuk geometris manapun.

Ukuran Bumi
Dengan mata telanjang, manusia tidak akan bisa melihat tata surya, jangankan tata surya bahkan planet bumi tidak dapat dilihat oleh pandangan manusia secara keseluruhan. Pandangan mata manusia memiliki batasan sendiri dan disebut sebagai horizon.

Tetapi seiringa dengan perkembangan teknologi, manusia telah berhasil menciptakan satu teknologi yang memungkinkan planet bumi dapat dilihat secara keseluruhan. Teknologi itu bernama satelit. Dengan bantuan satelit, akhirnya diketahui bahwa keliling bumi adalah 40.075 km.

 
BACA:  5 Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia

Sebenarnya sekitar 2.000 tahun yang lalu telah ada manusia yang berhasil mengukur keliling bumi bermodalkan sebuah tongkat sederhana. Dia adalah Eratosthenes, seorang matematikawan Yunani kuno yang dikenal juga sebagai bapak Geografi.

Berbekal rasa ingin tahunya yang tinggi, dia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengukur berapa lingkar planet Bumi. Dari hasil pengukuran yang dilakukannya, Eratosthenes mendapatkan ukuran bumi sebesar 46.250 km.

Jika dibandingkan dengan hasil pengukuran modern yang disebutkan sebelumnya, hasil pengukuran Eratosthenes ini hanya meleset 15% saja. Apalagi perhitungan tersebut dilakukan sekitar 2.000 tahun lalu dimana pada saat itu ilmu pengetahuan belum terlalu berkembang.

Struktur Lapisan Bumi
Penampang Bumi dari inti ke eksosfer.

 
BACA:  3 Jenis Peta Umum Menurut Penggunaannya

Bumi memiliki lapisan seperti lapisan kulit bawang. Salah satu manfaat dari lapisan-lapisan ini adalah untuk melindungi semua makhluk hidup yang ada di permukaan dari suhu tinggi yang ada di inti bumi. Lapisan tersebut secara garis besar adalah Kerak Bumi, Selimut Bumi (Mantel) dan Inti Bumi

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Bentuk, Ukuran, dan dan Struktur Lapisan Bumi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET