Pengertian Siklus Krebs Meliputi Fungsi dan Tahapannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Siklus Krebs Meliputi Tahapannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Siklus Krebs
Siklus ini ditemukan oleh seorang ahli kimia dan biologi asal Amerika bernama Albert Szent-Gyorgyi pada 1930. Namun, ketika itu, yang ditemukan hanya berupa beberapa komponen dari reaksi siklus krebs. Kemudian, Albert memperoleh penghargaan Nobel atas penemuannya mengenai asam fumarate, yakni komponen kunci dari siklus krebs.

Siklus krebs merupakan serangkaian reaksi kimia yang terjadi pada sel hidup sehingga menghasilkan energi asetil ko-A, yakni perubahan asam piruvat dari hasil glikolisis. Asetik ko-A dengan oksidasi glukosa akan diubah menjadi karbon dioksida dan hidrogen. Siklus ini juga disebut dengan siklus asam sitrat, citric acid cycle, tricarboxylic acid cycle, TCA cycle, krebs cycle, szent-györgyi-krebs cycle.

Siklus krebs berasal dari karbohidrat yang keluar membentuk lemak, sedangkan bahan yang masuk untuk siklus ini bersumber dari asam amino yang keluar membentuk karbohidrat.

BACA:  Pengertian Limbah Meliputi Jenis dan Karakteristiknya

Siklus krebs terdiri dari dua tahapan penting, yakni dekarbosilasi oksidatif dan siklus krebs. Dekarbosilasi merujuk pada tahap perubahan asam piruvat menjadi asetil ko-A. Sedangkan, siklus krebs merujuk pada dibawanya matriks mitokondria untuk melakukan serangkaian siklus krebs.

Fungsi Siklus Krebs
Terdapat beberapa fungsi siklus krebs diantaranya:

 
  • Dapat menyuplai dan memasok ketersediaan prekursor untuk pemenuhan keperluan proses asam nukleat dan proses sintesis protein secara sistematik.
  • Dapat mengontrol, menyusun dan mengatur dengan baik beberapa massa energi dan beberapa jumlah zat yang terlalu banyak yang digunakan pada saat proses sintesis asam lemak untuk penumpukan hasil lemak.
  • Dapat membantu, mengatur dan mengendalikan sistem enzim melalui molekul,  senyawa senyawa dan seluruh komponen yang ada pada siklus tersebut.
  • Mampu memproduksi CO2 dengan proses oksidasi glukosa dengan jumlah yang relatif besar.
  • Hasil maksimal dari oksidasi karbohidrat, zat protein, dan lipid yang nantinya akan dimetabolismekan sehingga berubah menjadi asam asetil ko-2 H.
  • Mampu memproduksi beberapa koenzim yang dapat mengatur dan menjalankan sistem pernapasan yang berkaitan dengan ketersediaan adenosis trifosfat (ATP).
BACA:  Mengapa Air Liur Merupakan Alat Pertahanan Terhadap Suatu Penyakit

Tahapan Siklus Krebs
Siklus krebs terdiri dari delapan tahap, sebagai berikut:

  1. Proses pembentukan sitrat. Dalam proses ini, terjadi penggabungan antara molekul asetil ko-A dengan oksaloasetat yang membentuk asam sitrat yang dibantu dengan enzim asam sitrat sintase.
  2. Sitrat yang dihasilkan dari proses sebelumnya akan diubah menjadi isositrat dengan bantuan enzim akotinase yang mengandung Fe2+.
  3. Terjadi proses dekarboksilasi atau perombakan pertama kali. Isositrat yang terbentuk dari tahapan sebelumnya dioksidasi menjadi oksalosuksinat yang terikat oleh enzim isositrat dehydrogenase. Pada tahap ini, isositrat diubah menjadi alfaketoglutarat oleh enzim yang sama dibantu dengan NADH.
  4. Terjadi proses pengubahan alfa-ketoglutarat menjadi suksinil ko-A oleh enzim alfa-ketoglutarat kompleks dan proses oksidasi.
  5. Kemudian suksinil ko-A diubah menjadi suksinat. Tidak hanya dibantu dengan enzim, tahap pengubahan ini dibantu juga dengan Mg2+ dan GDP yang bersama fosfat membentuk GTP. GTP inilah yang diubah menjadi ATP sehingga menjadi energi yang dibutuhkan jaringan.
  6. Pada tahap ini, suksinat akan dioksidasi menjadi fumarat dengan bantuan enzim suksinat dehidrogenase.
  7. Pada tahap ketujuh adalah proses hidrasi. Pada proses ini, terjadi penambahan atom hidrogen pada ikatan karbon (C=C) sehingga menghasilkan produk berupa malat.
  8. Kemudian, malat dioksidasi untuk menghasilkan oksaloasetat dengan bantuan enzim malat dehydrogenase. Kemudian, oksaloasetat akan menangkap asetil ko-A sehingga siklus krebs akan terus menerus terjadi. Tidak hanya itu, dalam tahap ini juga berupa NADH.
BACA:  Latar Belakang Perubahan Rumusan Pancasila pada Sila Pertama

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Siklus Krebs Meliputi Fungsi dan Tahapannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET