Pengertian Atom dan Teori Perkembangan Atom

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Atom dan Teori Perkembangan Atom
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Atom
Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani (ἄτομος/átomos, α-τεμνω), yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.

Pada abad ke-17 dan ke-18, para kimiawan meletakkan dasar-dasar pemikiran ini dengan menunjukkan bahwa zat-zat tertentu tidak dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi menggunakan metode-metode kimia.

Selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa ‘atom’ tidaklah tak dapat dibagi-bagi lagi.

Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron.

BACA:  Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Melawan Penjajahan di Indonesia

Teori Perkembangan Atom
1. Leucipus dan Democritus
Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian tertentu. Atom adalah penyusun segala materi yang ada di dunia ini.

 

2. John Dalton
Atom adalah partikel terkecil daripada suatu zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi partikel yang lebih kecil melalui reaksi kimia biasa. John Dalton beranggapan bahwa atom adalah partikel terkecil yang sudah tidak bisa dibagi-bagi lagi. Dengan kata lain, unsur-unsur yang bergabung dengan atom memiliki komposisi yang tetap.

3. Joseph John Thompson
Atom adalah sebuah bola yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron seperti kismis. Dalam mengembangkan teorinya, Thomson menyatakan bahwa secara keseluruhan atom itu bersifat netral. Hal ini dikarenakan elektron dengan muatan negatif membutuhkan partikel lain yang bermuatan positif yang berfungsi untuk menetralkan muatan negatif yang ada pada atom.

BACA:  Opini Publik: Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya

4. Ernest Rutherford
Atom adalah partikel yang terdiri atas neutron dan proton serta dikelilingi oleh elektron. Rutherford beranggapan bahwa muatan inti atom sebanding dengan massa atom dalam sma (satuan massa atom). Selain itu, hasil dari percobaan dari Rutherford juga mematahkan gagasan Thomson yang menyatakan bahwa atom seperti roti kismis dengan elektron tersebar merata di seluruh bagian atom.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Atom dan Teori Perkembangan Atom
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET