5 Tokoh Ilmuwan yang Paling Berpengaruh bagi Peradaban Dunia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
5 Tokoh Ilmuwan yang Paling Berpengaruh bagi Peradaban Dunia
disimak baik-baik ya…

 

Ilmuwan adalah orang yang ahli atau memiliki banyak pengetahuan mengenai suatu ilmu dan meneumukan penemuan yang bermanfat bagi kehidupan manusia. Sebut saja sejumlah benda seperti bola lampu, telepon, serta teleskop. Kesemua itu, adalah bentuk konkret dari buah pemikiran para lmuwan.

Berikut terangkum 5 Tokoh Ilmuan yang paling berpengaruh bagi peradaban dunia.

1. Sir Isaac Newton
Ilmuwan atau saintis asal Inggris ini dikenal lewat karyanya yang berjudul ‘Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica’. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad.

Ia berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Hal ini dibuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasi miliknya.

BACA:  Mengenal Benua Australia Meliputi Letak, Iklim dan Wilayahnya

2. Nikola Tesla
Lahir dan dibesarkan di Kekaisaran Austria, Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik keturunan Serbia-Amerika. Ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC).

 

Tesla mendirikan laboratorium di New York untuk mengembangkan berbagai peralatan kayu dan mekanik. Ia telah mengembangkan hampir semuanya sendiri dan tidak mengekspos satu pun yang kemudian ditemukan oleh ilmuwan lain pada masanya. Markoni yang mendapat hadiah Nobel untuk penemu radio menggunakan semua ide Tesla. Sinar-X oleh Roentgen, RADAR oleh Watson-watt semuanya dirancang oleh Nikola Tesla.

3. Albert Einstein
Lahir pada tahun 1879 di Ulm, Einstein dianggap sebagai salah satu ilmuwan revolusioner terbesar yang pernah dikenal dunia. Ia memiliki beberapa karya spektakuler dalam bidang fisika, yang menjadikannya bapak fisika modern. Salah satu kontribusinya dalam bidang ini adalah teori relativitas umum.

BACA:  Ketahui Perbedaan Antara Iklim dengan Cuaca

Hingga kematiannya pada tahun 1955, Einstein mengabdi di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, AS. Selama itu ia telah menerbitkan lebih dari 300 makalah ilmiah dan lebih dari 150 karya nonilmiah. Ia dianugerahi Hadiah Nobel pada tahun 1921 “Untuk karyanya pada fisika teoretis, dan untuk penemuannya tentang efek fotolistrik.

4. Galileo Galilei
Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Ia disebut sebagai “bapak astronomi observasional”, “bapak ilmu fisika modern”, “bapak metode ilmiah”, dan “bapak ilmu pengetahuan”.

 

Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tata surya.

BACA:  Pengertian Nukleus Meliputi Struktur dan Fungsinya

5. Hippokrates
Nama Hippokrates mungkin tak asing lagi bagi sebagian dari kita. Ya, salah satu saintis paling berpengaruh dalam sejarah ini adalah seorang dokter dari Yunani kuno, yang kini dikenal sebagai figur medis paling terkemuka sepanjang masa. Tak heran, jika ia juga disebut “Bapak Kedokteran”.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Corpus Hippocraticum yang telah membuang semua pemikiran takhyul masyarakat Yunani kuno mengenai penyakit dan obat-obatan. Orang-orang sebaya yang hidup bersamanya kala itu dibuat tercengang, karena ia sangat menentang bahwa penyakit itu dikait-kaitkan dengan balas dendam.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
5 Tokoh Ilmuwan yang Paling Berpengaruh bagi Peradaban Dunia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET