Mengenal Kalimat Persuasif dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian Kalimat persuasif dan Contohnya. Disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Kalimat Persuasif

Dalam kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata persuasif bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin): hanya dengan cara — pendekatan itu dapat dilakukan.

Kalimat persuasif adalah kalimat yang digunakan untuk meyakinkan, merayu, membujuk, atau mengajak pembacanya untuk melakukan suatu perbuatan atau aktivitas seperti yang disampaikan oleh penulis.

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Kelas VIII yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kalimat persuasif adalah pendapat dapat dimasukkan seperti halnya teks argumentasi, untuk mengantarkan pembaca agar mau mengikuti bujukan.

Struktur Kalimat Persuasif

Dalam buku berjudul Materi Umum Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo dan Iin Hendriyani, terdapat tiga struktur pada penulisan kalimat persuasif atau teks persuasif, yakni :

 
BACA:  Suaka Margasatwa: Pengertian, Kriteria dan Manfaatnya Bagi Kelestarian Lingkungan

1. Pengenalan isu (pengantar permasalahan)

Pengenalan isu pada struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah bagian yang berisi awalan atau pengantar, tentang topik dasar yang menjadi pembahasan.

2. Rangkaian Argumen (pendapat penulis dan fakta-fakta)

Berisi sejumlah pendapat penulis terkait topik yang telah dipaparkan sebelumnya. Maksud dari struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah karena persuasif bagian dari pengembangan argumentasi, maka pada bagian ini kamu perlu mengemukakan data atau fakta, untuk memperkuat argumen.

 

3. Pernyataan Ajakan

Bagian pernyataan ajakan struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah inti penting dari sebuah teks persuasif. Pada bagian ini, akan berisi berbagai ajakan/dorongan kepada pembacanya, agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.

Contoh Kalimat Persuasif

BACA:  Jelaskan Bagaimana Cara Pendeskripsian Teks Deskripsi

Nah berikut contoh kalimat persuasif, sebagai contoh kita mengambil tema tentang Sayangilah Orang Tuamu :

Orang tua adalah nyawa hidup kita, mereka membesarkan kita dengan penuh kasih sayang. Ibu mengandung kita selama sembilan bulan kemudian menyusui kita tak kenal lelah, Ayah setiap hari bekerja membanting tulang tak kenal lelah untuk menafkahi kita. Begitu besar jasa orang tua kita yang tak dapat diukur dan dibayar sampai kapanpun.

Setiap darah yang mengalir dalam tubuh kita adalah darah dan air mata mereka, setiap kebahagian yang kita rasakan adalah doa tulus mereka kepada Tuhan untuk selalu menjaga kita dan setiap kesedihan yang kita rasakan adalah duka nestapa mereka, begitu pedih hati mereka melihat kita jika tidak bahagia.

Beruntunglah jika kita masih memiliki orang tua yang masih hidup di dunia ini, bahagiakanlah mereka dengan menjadi anak yang berbakti dengan tulus menyayangi dan menjaga mereka sama seperti ketika kita masih kecil, merekalah yang dengn tulus menyayangi dan menjaga kita tanpa pamrih. Apabil ke dua orang tua kita telah tiada, jangan pernah lelah dan jangn pernah lupa untuk mendoakan mereka agar mereka selamat dunia akhirat.

BACA:  Pengertian Lempeng Tektonik Beserta Jenis-Jenisnya

Sayangilah ke dua orang tua kita dengan setulus hati kerena di dunia sesungguhnya tidak ada yang manusia yang dapat menyayangi kita setulus dan semurni ke dua orang tua.

Nah demikian pembahasan kita kali ini tentang Kalimat Persuasif dan Contohnya, jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET