Contoh Frasa Verba dan Frasa Nomina Pada Teks Taman Baluran Nasional

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Contoh Frasa Verba dan Frasa Nomina Pada Teks Taman Baluran Nasional
disimak baik-baik ya…

 

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa. Hutan di taman ini terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem.

Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. Di antara jenis tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea). Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering.Tumbuhan yang lain seperti asam (Tamarindus indica), gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp.), kendal (Cordia obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculia foetida).

BACA:  Latar Belakang dan Isi Perjanjian Konfrensi Meja Bundar

Di taman ini juga terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas Taman Nasional Baluran.

Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung di antaranya termasuk yang langka seperti layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk/tuwur asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong (Buceros rhinoceros), dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus).

 

Taman nasional mmemiliki beragam manfaat berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam. Kedua manfaat tersebut berada pada suatu ruang dan waktu yang sama. Diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumberdaya dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.

BACA:  Pengertian, Fungsi dan Gangguan Pada Pankreas

Pembahasan :
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan frasa adalah kelompok kata yang terdiri dari setidaknya 2 kata yang bersifat non-predikatif.

Pengertian Frasa Verba
Frasa verba adalah frasa yang memiliki distribusi yang sama dengan kata kerja, Frasa verba terbagi menjadi tiga kelompok yakni, frasa verba modifikasi, frasa verba koordinatif dan frasa verba apositif.

Pengertian Frasa Nomina
Frasa nomina adalah frasa yang unsur pusatnya berupa nomina dan dapat digunakan sebagai pengganti kata benda dalam suatu kalimat. frasa verba adalah frasa yang dibentuk dengan menggabungkan kata kerja dan sebagai pengganti kata kerja dalam suatu kalimat. Ada tiga jenis frasa nomina, yaitu frasa nomina modifikatif, frasa nomina koordinatif, dan frasa nomina apositif.

 
BACA:  Mengetahui Pengertian Teori Tumbukan dan Hubungannya dengan Reaksi Kimia

Berikut Frasa Nomina dan Frasa Verba pada Teks Taman Baluran Nasional

1. Frasa nomina
Ekosistem hutan spesifik kering, vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, satwa banteng, produk jasa lingkungan, udara bersih, pemandangan alam, bentuk kebijakan,

2. Frasa verba
Berkata, menghasilkan, mengubah, melemahkan, menguatkan, mempercantik, dan lain sebagainya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Contoh Frasa Verba dan Frasa Nomina Pada Teks Taman Baluran Nasional
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET