Sejarah dilakukannya Kerja Rodi pada Zaman Penjajahan Belanda

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Sejarah dilakukannya Kerja Rodi pada Zaman Penjajahan Belanda
disimak baik-baik ya…

 

Kerja rodi atau kerja paksa adalah suatu sistem yang diterapkan oleh pihak kolonial Belanda yang memaksa masyarakat untuk bekerja tanpa mendapatkan upah apapun dari pekerjaan yang diperintahkan dan dilakukan.

Pada mulanya, kerja rodi muncul ketika Louis Napoleon memberi kepercayaan pada Herman Willem Daendels dan mengangkat Daendels menjadi gubernur pada tanggal 1 Januari 1808. Ketika diangkat menjadi gubernur, Herman Willem Daendels memiliki tugas utama untuk mempertahankan pulau Jawa dari Inggris. Selain itu, Herman Willem Daendels juga diberi tugas untuk mengatur pemerintahan Indonesia.

BACA:  Bagaimana Jika Bayi yang Dilahirkan Tidak Mampu Memproduksi Enzim Laktase, Bagaimana Cara Agar Bayi Tetap Mendapatkan Nutrisi yang Mencukupi Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Keinginan utama Daendels adalah agar masyarakat Indonesia mau bekerja keras demi upaya pembekalan serta kepentingan utama kepada kekaisaran Perancis itu tersebut. Herman Willem Daendels adalah seorang pemimpin pria yang dipilih oleh Republik Batavia untuk memerintah daerah Indonesia, terutama wilayah Jawa. Untuk mewujudkan keinginannya dan keinginan Republik Batavia itu, dia membentuk beberapa langkah yang akan membawa pengaruh ke dalam bidang pertahanan, bidang keamanan dan juga administrasi.

Berdasarkan arsip yang ada, pembangunan jalan pos, di Jawa telah menelan korban sebanyak 30.000 orang. Kerja paksa dilakukan oleh para budak atau mereka yang melakukan tindak pidana. Mereka dirantai kaki tangannya. Kerja wajib dilakukan sebagai bentuk pengabdian dari kawula kepada gustinya. Kerja wajib tidak terkait dengan hukuman, melainkan ditetapkan dalam batas waktu tertentu untuk bekerja demi kepentingan penguasa. Kerja wajib berlaku bagi semua warga pria dewasa yang sehat badannya.

BACA:  Pengertian, Klasifikasi dan Sifat Senyawa Organik

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa pemerintahan Daendels memang sempat mengeluarkan anggaran untuk membayar upah pekerja Jalan Raya Pos. Namun, sistem kerja paksa juga diterapkan oleh Daendels ketika anggaran untuk pembangunan jalan ini tak lagi mencukupi.

 

Herman Willem Daendels menerapkan kerja rodi atau kerja paksa untuk mencapai beberapa tujuan, beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Membangun pabrik persenjataan yang berada di daerah Surabaya dan Semarang.
  • Membangun jalan raya sepanjang 1100 km dimulai dari Anyer hingga sampai ke Panarukan.
  • Membangun pangkalan armada yang berada di Ujung Kulon serta Anyer.
  • Membuat benteng pertahanan.
  • Membangun pelabuhan dan kapal perang demi kebutuhan militer.
  • Membangun pangkalan tentang dengan melatih rakyat pribumi.
BACA:  Contoh Teks Eksplanasi Tertema Tanah Longsor

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Sejarah dilakukannya Kerja Rodi pada Zaman Penjajahan Belanda
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET