Mengenal Apa Itu Gelombang Dalam Ilmu Fisika dan Klasifikasinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Apa Itu Gelombang Dalam Ilmu Fisika dan Klasifikasinya
disimak baik-baik ya…

Pengertian Gelombang

Dalam ilmu fisika pengertian dari gelombang adalah getaran yang merambat dari suatu titik ke titik lainnya melalui sebuah media ataupun ruang hampa. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide.

 

Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasi, yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara, gelombang juga terdapat pada medium yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya pegas di mana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen yaitu tidak ada perpindahan secara massal.

BACA:  Kaidah Kebahasaan dalam Teks Negosiasi Terima Kasih Bu Mia

Klasifikasi Gelombang
Berdasarkan arah rambatnya, gelombang dapat dikelompokkan menjadi gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Sedangkan berdasarkan medium perambatannya, gelombang dikelompokkan menjadi gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Berikut Penjelasannya.

1. Gelombang longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan gelombang yang memiliki arah getaran yang sama dengan arah rambatan. Gelombang longitudinal dapat diamati pada getaran pegas. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang getarannya memiliki arah yang sama dengan arah perambatannya.

Biasanya, gelombang longitudinal ini mempunyai gerakan dari medium gelombang searah dengan propagasi gelombang. Di dalam gelombang bunyi yang berperan untuk menjadi medium perantaranya adalah udara.

2. Gelombang transversal

Gelombang transversal merupakan gelombang dengan arah getaran yang tegak lurus dengan arah rambat. Gelombang transversal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat secara tegak lurus dengan arah gerakannya.

BACA:  Pengertian Siklus Krebs Meliputi Fungsi dan Tahapannya

Dimana gelombang yang satu ini juga masuk ke dalam contoh gelombang mekanik yang membutuhkan medium sebagai media perambatnya. Contoh dari gelombang transversal adalah gelombang air ataupun gelombang tali.

3. Gelombang mekanik
Gelombang mekanik adalah sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang. Suara merupakan salah satu contoh gelombang mekanik yang merambat melalui perubahan tekanan udara dalam ruang (rapat-renggangnya molekul-molekul udara).

 

Tanpa udara, suara tidak bisa dirambatkan. Di pantai dapat dilihat ombak, yang merupakan gelombang mekanik yang memerlukan air sebagai mediumnya. Contoh lain misalnya gelombang pada tali atau per (slinky).

4. Gelombang elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. Gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal. Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. Ketika kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik, radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik.

BACA:  Unsur-Unsur Ekonomi Makro

Bergantung pada situasi, gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel. Sebagai gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya), panjang gelombang, dan frekuensi.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Apa Itu Gelombang Dalam Ilmu Fisika dan Klasifikasinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET