Pengertian Aktinida, Unsur-unsur didalam kolom aktinida dan Keistimewaannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Aktinida, Unsur-unsur didalam kolom aktinida dan Keistimewaannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Aktinida
Pada tabel periodik Kelompok unsur Aktinida yang dapat disebut juga dengan Aktinoida atau Aktinon ini terdiri dari lima belas unsur. Spektra atom unsur-unsur berat ini sangat rumit, dan sukar untuk mencirikan tingkat-tingkat dalam bilangan kuantum serta konfigurasinya.

Kelompok unsur aktinoida terdapat pada deret terakhir di bawah badan tabel periodik yang diusulkan pertama kali oleh Glenn Seaborg (1944). Penggunaan akhiran -ida dipilih untuk menunjuk pada anion (misalnya ion-ion halida, dan oksida), akhiran -on dipilih untuk menunjuk pada nonlogam (seperti kelompok gas mulia).

Aktinida adalah kelompok unsur kimia yang terdiri dari 15 unsur, mulai aktinium (Ac) sampai lawrensium (Lr) pada tabel periodik, dengan nomor atom 89 sampai 103. Seri ini dinamakan menurut unsur aktinium. Semua aktinida, kecuali lawrensium merupakan unsur blok-f. Unsur-unsur kelompok aktinida adalah radioaktif, dengan hanya aktinium, torium, dan uranium yang secara alami ditemukan di kulit bumi.

BACA:  4 Jenis Klasifikasi Usaha Industri Sesuai SK Menteri No. 19/M/1/1986

Kelompok unsur tersebut bersifat metalik, maka sekarang direkomendasikan pemakaian akhiran –oida. Seluruh logam aktinoida bersifat radioaktif, sangat beracun, dan memiliki waktu paruh yang menyusut secara dramatik seiring dengan naiknya nomor atom.

Unsur-unsur didalam kolom aktinida
Aktinida memiliki 15 unsur, yaitu

 
    1. Aktinium (Ac) (Z = 89)
    2. Torium (Th) (Z = 90)
    3. Protaktinium (Pa) (Z = 91)
    4. Uranium (U) (Z = 92)
    5. Neptunium (Np) (Z = 93)
    6. Plutonium (Pu) (Z = 94)
    7. Amerisium (Am) (Z = 95)
    8. Kurium (Cm) (Z = 96)
    9. Berkelium (Bk) (Z = 97)
    10. Kalifornium (Cf) (Z = 98)
    11. Einsteinium (Es) (Z = 99)
    12. Fermium (Fm) (Z = 100)
    13. Mendelevium (Md) (Z = 101)
    14. Nobelium (No) (Z = 102)
    15. Lawrensium (Lr) (Z = 103)
BACA:  Pengertian, Ciri dan Tujuan dari Norma Agama

Keistimewaan Aktinida
Terdapat beberapa keistimewaan dari kelompok unsur Aktinida, yakni:

  1. Actinium hanya memiliki keadaan +3 dan secara keseluruhan mirip lantanoida.
  2. Thorium dan protactinium memperlihatkan kemiripan yang terbatas dengan unsur-unsur lainnya dan mungkin merupakan unsur paling baik sebagai anggota terberat dari berturut-turut golongan Ti, Zr, Hf, V, Na, dan Ta.
  3. Uranium, neptunium, plutonium, dan ameresium seluruhnya sama-sama berbeda terutama dalam kestabilan relative dari tingkat oksidasinya, yang beranah dari +3 sampai +6.
  4. Curium memiliki kemiripan dengan lantanoida dan berhubungan dengan gadolinium dalam hal bahwa pada Cm kulit 5f adalah setengah penuh. Curium berbeda dengan gadolinium dalam hal memiliki senyawa +4.
  5. Unsur Cm dan Lr mirip lantanoida. Lawrensium, seperti Lu, memiliki kulit f yang terisi sehingga unsur 104 (sejauh diketahui) harus memiliki perilaku mirip hafnium. Unsur-unsur dari 104 dan seterusnya harus analog terhadap Hf, Ta, W dan sebagainya.
  6. Keistimewaan yang khas dari senyawaan dan kompleks aktinoida adalah adanya bilangan koordinasi yang tinggi sampai dengan 12. Geometri koordinasi dalam padatan adalah rumit.
BACA:  Mengetahui Pengertian Lava, Sifat dan Komposisinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Aktinida, Unsur-unsur didalam kolom aktinida dan Keistimewaannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET