Mengenal Planet Saturnus: Ciri-Ciri dan Strukturnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Planet Saturnus: Ciri-Ciri dan Strukturnya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Saturnus merupakan sebuah planet gas raksasa yang memiliki radius rata-rata sekitar 9 kali radius rata-rata Bumi.

Saturnus terkenal dengan sistem cincinnya yang unik, yang sebagian besar terdiri dari partikel-partikel es dengan sedikit puing-puing batu dan debu. Massa jenis rata-rata Saturnus hanya 1/8 massa jenis rata-rata Bumi, tetapi dengan volume yang lebih besar dari Bumi, massa Saturnus tercatat 95 kali massa Bumi.

Ciri-Ciri
Beberapa ciri-ciri planet Saturnus adalah sebagai berikut:

1. Saturnus Memiliki Angin yang Kencang
Planet Saturnus memiliki angin yang sangat kencang bahkan melebihi badai di bumi. Angin tersebut berputar tanpa henti di ekuator dengan kecepatan 1.100 km/jam.

2. Objek Terjauh yang Bisa Dilihat
Saturnus adalah planet terjauh yang bisa dilihat dengan mata telanjang dan paling terang kelima di tata surya sehingga mudah dipelajari melalui teropong atau teleskop kecil.

 
BACA:  Pengertian dan Jenis-Jenis Konjungsi Penerang

3. Saturnus Memiliki Diameter 120.536 km
Saturnus memiliki jarak rata-rata dari Matahari 1433,5 juta km. Kala rotasi 10 jam 40 menit, sedangkan kala revolusi 29,42 tahun. Di Saturnus, suhu rata-ratanya mencapai -140 derajat celcius.

4. Saturnus Merupakan Cincin Planet Terbesar
Saturnus memiliki 18 satelit dan memiliki cincin yang terdiri atas batu dan bongkahan es. Cincin Saturnus sebagian besar terbuat dari bongkahan es dan sejumlah kecil debu karbon. Cincin terbentang lebih dari 120.700 km dari planet ini, tetapi sangat tipis, yakni hanya sekitar 20 meter tebalnya.

5. Saturnus Planet Paling Datar
Saturnus memiliki diameter kutubnya adalah 90 persen dari diameter ekuatornya, Saturnus adalah satu-satunya planet di Tata Surya yang massa jenisnya lebih rendah dari massa jenis air yakni sekitar 30% lebih rendah.

6. Memiliki 150 Satelit dan Moonlets yang Lebih Kecil
Satelit terbesar adalah Titan dan Rhea. Titan adalah satelit dengan atmosfer kaya nitrogen yang kompleks dan padat. Sebagian besar terdiri dari air es dan batu. Ilmuwan planet menganggap Titan sebagai pelabuhan yang memungkinkan bagi kehidupan, tetapi bukan kehidupan seperti Bumi.

 
BACA:  Ketahui Pengertian Lingkungan Abiotik dan Komponennya

7. Permukaan Saturnus Tidak Bisa Ditapaki
Planet bercincin ini adalah yang paling tidak padat dari semua planet. Planet ini sebagian besar terdiri dari helium, gas yang sama dengan isi balon. Selain helium, Saturnus juga terdiri dari hidrogen dan metana.

8. Saturnus Sebagai Raksasa Gas Hidrogen
Saturnus disebut raksasa gas karena hidrogen dan helium merupakan penyusun utama planet ini. Saturnus tidak memiliki permukaan yang padat, tetapi Saturnus diperkirakan memiliki inti yang padat.

9. Atmosfer Luar Saturnus
Atmosfer luar Saturnus mengandung 96,3% molekul hidrogen dan 3,25% helium, tetapi kandungan helium Saturnus masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan helium yang melimpah di Matahari.

10. Pola Pita Atmosfer Saturnus
Atmosfer Saturnus menunjukkan keberadaan pola pita yang mirip dengan Jupiter, tetapi pita Saturnus jauh lebih redup dan jauh lebih luas di dekat bidang khatulistiwanya

BACA:  Tanaman Kapri Berbunga Merah Disilangkan Dengan Kapri Berbunga Putih, F1 100% Berupa Kapri Berbunga Merah. Hal Ini Menunjukan Bahwa?

Struktur
Beberapa struktur planet Saturnus adalah sebagai berikut:

1. Inti Planet
Saturnus memiliki inti planet yang sangat panas, temperaturnya bisa mencapai 15.000 K.

2. Medan Gaya
Saturnus mempunyai suatu medan gaya alami yang lebih lemah dari Yupiter.

3. Cincin Planet
Saturnus memiliki 18 cincin. Cincin-cicin besar Saturnus, mulai dari yang paling luar sampai ke yang paling dalam, ditunjukkan dengan huruf E, F, A, B, C dan D.

4. Satelit Planet
Saturnus memiliki kurang lebih 150 Satelit. Beberapa satelit saturnus yang terkenal adalah Mimas, Enceladus, Dione, Rhea, Titan, dan Lapetus.

5. Rotasi dan Orbit
Saturnus berotasi sekitar 10 jam sehingga Saturnus menjadi rata, paling rata di antara semua planet anggota Tata Surya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Planet Saturnus: Ciri-Ciri dan Strukturnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET