Sistem Pertahanan dan Keamanan yang Dikembangkan oleh Negara Indonesia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Jelaskan Sistem Pertahanan dan Keamanan yang Dikembangkan oleh Negara Indonesia?

disimak baik-baik ya…

Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta adalah sistem pertahanan negara yang dianut oleh Negara Republik Indonesia berdasarkan UU RI Nomor 34 tahun 2004.

Sishankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.

Sistem pertahanan keamanan rakyat juga didasari atas tanggung jawab akan hak dan kewajiban warga negara, rasa yakin pada kekuatan sendiri, serta kepercayaan pada kemenangan dan pantang menyerah, baik pada penyerahan diri, dan wilayah.

 
BACA:  Proses Terjadinya Pelangi dan Jenis-Jenisnya

Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta artinya adalah pertahanan negara Indonesia bersifat semesta. Yaitu, melibatkan seluruh rakyat dan semua sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, dan segenap wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan.

Sementara, TNI dan Polri berfungsi sebagai kekuatan utama. TNI bertugas melindungi, mempertahankan, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI. Dan Polri bertugas menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

Bentuk akhir dari perlawanan rakyat semesta adalah perang rakyat semesta. Maksudnya adalah, perlawanan total semua rakyat Indonesia terhadap usaha musuh untuk merampas kemerdekaan dan kedaulatan RI, dengan cara mengerahkan semua potensi dan kekuatan nasional.

BACA:  Sejarah dilakukannya Kerja Rodi pada Zaman Penjajahan Belanda

Perlawanan rakyat semesta bersifat kerakyatan, kesemestaan, dan kewilayahan. Kerakyatan berarti keikutsertaan warga negara adalah sesuai kemampuan masing-masing.

 

Kesemestaan berarti segenap daya bangsa dan negara mampu mengerahkan diri menanggulangi semua ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Dan kewilayahan artinya semua wilayah Indonesia merupakan tumpuan perlawanan dan didayagunakan untuk mendukung tiap perlawanan secara berlanjut.

Sistem Pertahanan dan Kemanan ini merupakan sistem dengan komponen yang terdiri dari seluruh potensi seperti potensi komponen dasar, utama, khusus, serta komponen pendukung sehingga didapat kekuatan nasional yang dapat bekerja secara maksimum, integral dan berkelanjutan.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Jelaskan Sistem Pertahanan dan Keamanan yang Dikembangkan oleh Negara Indonesia?

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

BACA:  Pengertian Larutan dan Contohnya di Lingkungan Sekitar

Semangat Belajar, Good Luck.

Ref : detik.com ; wikipedia.org

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET