Alasan Soekarno Membentuk Partai Tunggal Pada Masa Awal Kemerdekaan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Alasan Soekarno Membentuk Partai Tunggal Pada Masa Kemerdekaan

disimak baik-baik ya…

Alasan Soekarno membentuk Partai Tunggal pada masa awal kemerdekaan adalah karena menurutnya Indonesia yang baru saja merdeka masih rawan dengan pemberontakan, baik dari pihak dalam negeri maupun ancaman invansi dari luar.

Karena itu dibutuhkan satu partai yang dapat menyatukan seluruh elemen bangsa dengan kekuasaannya dalam sistem Presidensial negara, dan mendeklarasikan Partai Tunggal yaitu Partai Nasional Indonesia atau PNI.

Partai Nasional Indonesia diakui pada sidang ke 3 PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945. Pada saat itu PPKI menghasilkan beberapa keputusan yakni pembentukan Komite Nasional Pusat, Partai Nasional Indonesia sebagai partai tunggal dan membentuk Badan Keamanan Rakyat.

 
BACA:  Mengapa Kerajaan Singasari Bercorak Maritim

Soekarno beranggapan bahwa partai tunggal akan menjadi wadah bagi perpolitikan di Indonesia, dan mengayomi seluruh rakyat Indonesia. Adanya sistem partai tunggal akan membawa Indonesia kepada persatuan yang kuat, karena terlalu banyak dibentuk partai hanya akan memecah belah Indonesia dan penghalang persatuan Indonesia.

Sebenarnya Partai Nasional Indonesia (PNI) adalah partai politik nasionalis di Indonesia yang didirikan pada tahun 1927. PNI didirikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno sebelum kemerdekaan.

Setelah kemerdekaan PNI baru memasok sejumlah perdana menteri, dan berpartisipasi dalam sebagian besar kabinet pada 1950-an dan 1960-an. Namun Partai ini dilebur secara paksa menjadi Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1973 oleh Presiden Kedua RI Soeharto.

BACA:  Organisasi Pemuda Budi Utomo dan Tokoh Pendirinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

 

Alasan Soekarno Membentuk Partai Tunggal Pada Masa Kemerdekaan

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Referensi : Wikipedia.org ; Kompas.com

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET