Persamaam Ciri Nautilus Pompilius dan Pila Ampullacea Pilidae

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Persamaam Ciri Nautilus Pompilius dan Pila Ampullacea Pilidae, Disimak baik-baik ya…

 

Nautilus pompillus
Nautilus adalah nama dari sejenis hewan laut yang jika dilihat bentuknya seperti campuran antara siput & cumi-cumi. Seperti siput, nautilus memiliki cangkang yang keras & berbentuk melingkar. Namun layaknya cumi-cumi, nautilus memiliki tentakel-tentakel kecil di kepalanya.

Oleh para ahli sendiri, nautilus dianggap memiliki kekerabatan lebih dekat dengan keluarga cumi-cumi ketimbang kerang sehingga dalam tangga taksonomi, nautilus digolongkan ke dalam kelas Cephalopoda yang juga beranggotakan sotong & gurita.

Nautilus memiliki sepasang mata, namun matanya tidak berlensa sehingga tidak bisa digunakan untuk membedakan objek. Sebagai gantinya, nautilus mengandalkan indra peraba via tentakelnya & indra penciuman untuk mendeteksi kondisi sekitar. Nautilus adalah hewan karnivora yang makanannya terdiri dari ikan kecil, kepiting, udang & bangkai hewan laut.

BACA:  Pengertian, Klasifikasi dan Sifat Senyawa Organik

Saat makan, nautilus akan memakai tentakelnya yang jumlahnya bisa mencapai 90 buah & tidak berpenghisap untuk menggenggam makanannya, lalu memakai mulutnya yang keras & berbentuk seperti paruh untuk mencabik makanannya tersebut sehingga bisa ditelan.

Pila ampullacea pilidae
Pila ampullacea atau Keong sawah adalah sejenis siput air yang dapat dijumpai di perairan tawar Asia tropis, seperti di sawah, aliran parit, serta danau. Hewan bercangkang ini dikenal pula sebagai Keong gondang, siput sawah, siput air, atau tutut.

 

Bentuk keong sawah agak menyerupai Keong mas, masih berkerabat, tetapi keong sawah memiliki warna cangkang hijau pekat sampai hitam.

Keong sawah ini bisa memiliki tinggi cangkang sampai 85-100 mm dengan diameter 85–90 mm; bentuknya seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing, tepi cangkang menyiku tumpul pada yang muda, jumlah seluk 6-7, agak cembung, seluk akhir besar.

BACA:  Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami

Mulut membundar, tepinya bersambung, tidak melebar, umumnya hitam. Operculum agak bundar telur, tipis, agak cekung, coklat kehitaman

Persamaan Ciri Nautilus Pompillus dan Pila Ampullacea Pilidae

1. Bertubuh lunak
2. Tidak beruas-ruas
3. Tubuhnya ditutupi oleh cangkang bikarbonat
4. Simetri bilateral
5. Reproduksi seksual, dengan fertilisasi internal

Nautilus Pompillus dan Pila Ampullacea Pilidae merupakan hewan yang tergolong dalam filum Mollusca atau hewan lunak.
Nautilus Pompillus termasuk dalam kelas Cephalopoda yang memiliki kaki di kepala, sedangkan Pila Ampullacea Pilidae termasuk dalam kelas Gastropoda yang memiliki kaki di perut.

 

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang : Persamaam Ciri Nautilus Pompilius dan Pila Ampullacea Pilidae

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

BACA:  Benda di Sekitar Kita yang Mengandung Magnet dan Fungsinya

Semangat Belajar, Good Luck.

sumber : .wikipedia.org ; fdcunhas.com

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET