Peristiwa Pembentukan Dua Molekul Asam Piruvat Pada Tahapan Glikolisis

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Peristiwa Pembentukan Dua Molekul Asam Piruvat Pada Tahapan Glikolisis
disimak baik-baik ya…

 

Proses pemecahan glukosa menjadi asam piruvat pada respirasi aerob, reaksi ini terjadi dalam sitoplasma sel.

Respirasi Aerob
Respirasi Aerop adalah merupakan katabolisme karbohidrat yang membutuhkan O2 sebagai oksidator atau penerima elektron terakhir dari reaksi. Tahapan respirasi aerob adalah glikolisis, dekarboksilasi oksidatif asam piruvat, siklus Kreb, dan transpor elektron.

1. Glikolisis
Glikolisis berasal dari kata glukosa dan lisis (pemecahan), adalah serangkaian reaksi biokimia di mana glukosa dioksidasi menjadi molekul asam piruvat. Glikolisis adalah salah satu proses metabolisme yang paling universal yang kita kenal, dan terjadi (dengan berbagai variasi) di banyak jenis sel dalam hampir seluruh bentuk organisme. Proses glikolisis sendiri menghasilkan lebih sedikit energi per molekul glukosa dibandingkan dengan oksidasi aerobik yang sempurna. Energi yang dihasilkan disimpan dalam senyawa organik berupa adenosine triphosphate atau yang lebih umum dikenal dengan istilah ATP dan NADH. Proses pemecahan glukosa menjadi asam piruvat pada respirasi aerob. Reaksi ini terjadi dalam sitoplasma sel.

BACA:  Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman

2. Dekarboksilasi oksidatif asam piruvat
Pada reaksi ini, piruvat mengalami dekarboksilasi oksidatif, yaitu suatu proses dehidrogenasi yang melibatkan pemindahan gugus karboksil sebagai molekul CO2 dan gugus asetil sebagai asetil- KOA. Kedua atom hidrogen yang dilepaskan dari piruvat muncul sebagai NADH dan H+.

3. Siklus Kreb (siklus asam sitrat)
Dalam bahasa Inggris adalah citric acid cycle, tricarboxylic acid cycle, TCA cycle, Krebs cycle, Szent-Györgyi-Krebs cycle adalah sederetan jenjang reaksi metabolisme pernapasan seluler yang terpacu enzim yang terjadi setelah proses glikolisis, dan bersama-sama merupakan pusat dari sekitar 500 reaksi metabolisme yang terjadi di dalam sel. Lintasan katabolisme akan menuju pada lintasan ini dengan membawa molekul kecil untuk diiris guna menghasilkan energi, sedangkan lintasan anabolisme merupakan lintasan yang bercabang keluar dari lintasan ini dengan penyediaan substrat senyawa karbon untuk keperluan biosintesis.

 
BACA:  Pengertian dan Manfaat Reboisasi bagi Kelestarian Alam

4) Transpor elektron
Transpor elektron atau biasa disebut kemiosmosis merupakan proses pelepasan energi berupa proton (H+) dan elektron (e) dari molekul NADH dan FADH2 yang dibentuk selama katabolisme. Reaksi ini terjadi di dalam matriks mitokondria. Berikut gambar dari transpor elektron.

Tahapan transpor elektron:
NADH melepaskan proton dan elektron pada kompleks I dan FADH2 pada kompleks II.
Elektron dibawa berjalan-jalan mengelilingi membran dalam mitokondria melalui mekanisme reaksi redoks oleh ion Cu dan Fe, sehingga matriks bermuatan negatif.
Proton dari NADH dipompa keluar matriks 3 kali melewati 3 protein pembawa.
Proton dari FADH2 lalu dipompa keluar matriks 2 kali melewati 2 protein pembawa.
Pada Poin b, c, dan d menyebabkan perbedaan gradien muatan, sehingga proton dipompa kembali melalui ATP-sintase
Proton (H+) yang bergerak melalui ATP-sintase memacu pembentukan ATP (sesuai jumlah yang telah dihitung di atas).
Agar ATP tetap terbentuk, proton dan elektron pada akhir sistem transpor akan berikatan dengan O2 membentuk air (O2 sebagai penerima elektron terakhir).

BACA:  Benda di Sekitar Kita yang Mengandung Magnet dan Fungsinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Peristiwa Pembentukan Dua Molekul Asam Piruvat Pada Tahapan Glikolisis
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET