Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer
disimak baik-baik ya…

Pengertian Troposfer

Troposfer adalah salah satu dari lima lapisan yang ada pada atmosfer. Lapisan troposper merupakan lapisan terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 69 kilometer di atas permukaan Bumi. Manusia pada lapisan traposfer masih memungkinkan untuk bernapas, tetapi bisa menyebabkan rasa lelah dan keringat dingin.

 

Dalam troposfer ini terdapat gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca, pemanasan global, dan merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengalami fenomena cuaca. Lapisan Troposfer memiliki kombinasi gas yang dianggap paling baik untuk mendukung kehidupan di Bumi, lebih dari 80% kandungan gas atmosfer terdapat di lapisan ini.

BACA:  Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk

Lapisa troposfer mengandung 2 senyawa kimia, yaitu karbondioksida dan uap air, 2 senyawa ini yang paling banyak ditemukan dibandingkan dengan lapisan lain. Lapisan troposfer terletak pada ketinggian 0 sampai 12 kilo meter diatas permukaan bumi.

Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer
Beberapa peristiwa alam yang terjadi pada Lapisan Troposfer adalah sebagai berikut:

1. Lapisan troposfer adalah tempat terjadinya angin yang sangat kencang, disusul dengan hujan deras dan petir yang silih berganti yang dimana awalnya ditandai dengan awan yang tebal.

2. Lapisan troposfer berada pada level yang terendah, campuran gasnya paling ideal untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini kehidupan terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain.

 
BACA:  Pengertian Tekanan dan Jenis-Jenisnya dalah Ilmu Fisika

3. Pada lapisan troposfer, perubahan suhu yang mendadak, angin, tekanan dan kelembaban yang kita rasakan sehari-hari berlangsung. Suhu udara pada permukaan air laut sekitar 30 derajat Celsius, dan semakin naik ke atas, suhu semakin turun. Setiap kenaikan 100m suhu berkurang 0,61 derajat Celsius.

4. Lapisan troposfer adalah lapisan permukaan bumi yang menyerap radiasi panas dari matahari dan menyalurkan panasnya ke udara. Biasanya, jika ketinggian bertambah, suhu udara akan berkurang secara tunak (steady), dari sekitar 17℃ sampai -52℃.

5. Lapisan troposfer terletak pada ketinggian 0 sampai 12 kilo meter diatas permukaan bumi. Troposfer merupakan lapisan paling dasar yang dekat dengan bumi maka dari troposfer berfungsi menjaga kestabilan udara di bumi.

BACA:  5 Kebudayaan Mesir Kuno bagi Perkembangan Kebudayaan Dunia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Peristiwa Alam yang Terjadi Pada Lapisan Troposfer
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET