Identifikasi Peninggalan Sejarah Zaman Proto Sejarah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :

Identifikasi Peninggalan Sejarah Masa Proto Sejarah

 

Disimak baik-baik ya…

Pengertian Zaman Proto Sejarah
Zaman proto sejarah adalah zama peralihan dari zaman pra sejarah ke zaman sejarah. Pada zaman proto sejarah masyarakat belum mengembangkan teknik menulis tetapi bukti keberadaan mereka dapat ditemukan dari sumber tertulis bangsa lain.

Di Indonesia, periode protosejarah dimulai pada masa awal tahun masehi, di mana terdapat sumber-sumber tertulis dari China. Zaman protosejarah di Indonesia diyakini berlangsung pada awal Masehi sampai sekitar abad ke-4, yang merupakan masa awal Nusantara menapaki zaman sejarah.

Berdasarkan bukti yang tercatat, periode ini ditandai dengan adanya berita dari China dan uraian kasusatran India. Sumber-sumber China menyebut bahwa wilayah di ujung timur melimpah hasil rempah-rempahnya.

BACA:  Mengenal Apa Itu Zat Campuran beserta Karakteristiknya

Peninggalan Zaman Proto Sejarah
Berikut ini adalah beberapa peninggalan zaman proto sejarah
1. Ditemukannya peralatan batu di dekat penemuan fosil manusia purba menunjukkan bahwa manusia purba telah memiliki kebudayaan dalam bentuk peralatan yang terbuat dari batu.

 

2. Ditemukannya berbagai gambar-gambar sederhana yang terlukis di dinding langit-langit gua tempat kediaman manusia purba.

3. Ditemukannya objek lukisan dalam bentuk relief, antara lain manusia, binatang dan pola-pola geometris yang terdapat pada sarkofagus yang ditemukan di Bondowoso dan Bali. Relief serupa juga ditemukan pada tutup dolmen yang ditemukan di Desa Tlogosari, Bondowoso.

4. Ditemukannya berbagai jenis patung batu maupun patung perunggu menunjukkan kemajuan seni patung yang merupakan bagian dari seni rupa.

BACA:  Karakteristik Zaman Neolitikum dan Peninggalannya

Selain peninggalan yang di temukan di atas, benda-benda seni yang merupakan bentuk kebudayaan manusia proto sejarah juga banyak ditemukan di Indonesia dalam bentuk bangunan megalitik.

 

Bangunan megalitik, yaitu bangunan batu besar yang dibuat berkaitan dengan unsur kepercayaan pada waktu itu, yaitu menyembah roh nenek moyang.

Bangunan Megalitik tersebut antara lain berupa: Menhir yaitu bangunan berwujud tugu batu. Dolmen yaitu bangunan batu menyerupai meja besar. Dolmen diduga sebagai tempat sesaji. Sarkofagus adalah bangunan yang berfungsi sebagai keranda jenazah. Sarkofagus terbuat dari batu dengan cekungan di dalamnya.

Di samping benda-benda tersebut juga ditemukan perhiasan dari batu ataupun manik-manik yang diduga sebagai bagian dari benda-benda perhiasan, benda-benda keperluan sehari-hari, dan rangkaian dari benda-benda upacara ritual.

BACA:  Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang :

Identifikasi Peninggalan Sejarah Zaman Proto Sejarah

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali,
silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET