Jika Sel Tubuh Pada Buah Tomat Mempunyai 24 Kromosom : Jumlah Kromosom Pada Serbuk Sari ?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Jika Sel Tubuh Pada Buah Tomat Mempunyai 24 Kromosom : Jumlah Kromosom Pada Serbuk Sari ?

 

disimak baik-baik ya…

Pengertian Kromosom
Kata kromosom (/ˈkroʊməˌsoʊm, -ˌzoʊm/) berasal dari bahasa Yunani χρῶμα (chroma, “warna”) dan σῶμα (soma, “badan”) yang menggambarkan sifat pewarnaannya yang kuat saat dicat dengan zat warna tertentu. Istilah ini diciptakan oleh ilmuwan Jerman von Waldeyer-Hartz, mengacu pada istilah kromatin yang diperkenalkan oleh Walther Flemming, penemu pembelahan sel.

Kromosom adalah sebuah molekul DNA panjang yang mengandung sebagian atau seluruh materi genetik suatu organisme.

Kromosom biasanya terlihat di bawah mikroskop cahaya hanya selama metafase pada pembelahan sel (ketika semua kromosom berjajar di tengah sel dalam bentuk terpadatkan atau terkondensasi).

BACA:  Opini Publik: Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya

Pertanyaan :
Jika sel tubuh pada buah tomat mempunyai 24 kromosom, maka jumlah kromosom pada serbuk sarinya adalah?

 

Jawaban :
12 buah

Pembahasan
Kromosom tubuh memiliki 2 set kromosom atau diploid. Sedangkan serbuk sari adalah sel gamet yang dihasilkan melalui pembelahan meiosis yang menghasilkan jumlah kromosom anak setengah dari induk. Jika sel tubuh Tomat memiliki 24 kromosom, maka pada serbuk sarinya terdapat 12 buah kromosom.

Sel kelamin pada makhluk hidup, seperti serbuk sari yang merupakan sel kelamin jantan pada tanaman, dihasilkan melalui gametogeneseis (pembuatan gamet) dengan pembelahan mitosis.

Gametogenesis adalah pembentukan gamet. Gamet adalah sel yang digunakan untuk melakukan fertilisasi pada perkembangbiakan secara kawin (secara generatif).

 
BACA:  Mengetahui Fungsi Serambi Pada Telinga

Dua gamet yang berbeda jenis akan bergabung dengan satu sama lain dan membentuk sebuah zygot. Pada manusia gamet ini adalah sel telur (pada wanita) dan sel sperma (pada pria).

Gamet memiliki sifat haploid, atau hanya memiliki separuh dari jumlah set lengkap kromosom dari individu dewasa. Manusia memiliki sifat sel diploid atau memiliki sel dengan dua set lengkap kromosom pada intinya (2n), karena itu gamet pada manusia yang bersifat haploid hanya akan memiliki satu set lengkap kromosom saja (n).

Karena diploid (2n) pada tomat memiliki 24 kromosom, maka haploidnya (n) memiliki 12 kromosom.

Pada saat dua gamet melakukan fertilisasi, dua sel gamet yang haploid (n) ini akan bergabung menjadi zigot tadi, yang bersifat kembali diploid (2n), dan dari zigot ini berkembang organisme baru berupa janin.

BACA:  Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Bakau Beserta Manfaatnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :
Jika Sel Tubuh Pada Buah Tomat Mempunyai 24 Kromosom : Jumlah Kromosom Pada Serbuk Sari ?

jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

sumber : wikipedia.org

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET