Pengertian Efek Rumah Kaca dan Dampaknya bagi Lingkungan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Efek Rumah Kaca dan Dampaknya bagi Lingkungan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca adalah kemampuan atmosfer untuk mempertahankan suhu udara panas yang nyaman dalam perubahan nilai yang kecil. Unsur pembentuk efek rumah kaca ialah gas rumah kaca yang menahan panas keluar dari Bumi.

Dalam kondisi normal, matahari menyinari bumi pada siang hari sehingga permukaannya akan terasa hangat. Sementara, pada malam hari permukaan bumi akan terasa dingin. Namun, lantaran ada efek rumah kaca, sebagian panas yang seharusnya dipantulkan permukaan bumi itu diperangkap oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer. Itulah yang menyebabkan bumi kian makin hangat dari tahun ke tahun.

BACA:  Ketahui : Perbedaan Titik Didih dan Titik Lebur

Gas-gas yang menyumbang efek rumah kaca diantaranya uap air (H2O), karbondioksida (CO2), metana (CH4), ozon (O3), nitrous oksida (N2O), CFC (Chloro Fluoro Carbon), serta HFC (Hydro Fluoro Carbon).

Gas-gas itu sebenarnya diperlukan agar bumi tidak terlalu dingin. Namun, sejak terjadinya revolusi industri, gas-gas seperti karbon dioksida, methana, dan gas berbahaya lainnya kian bertambah di atmosfer. Konsentrasinya pun semakin meningkat imbas ulah manusia. Apabila konsentrasi gas-gas rumah kaca kian meningkat di atmosfer, efek rumah kaca akan semakin besar.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (AS), Efek rumah kaca merupakan proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat menipisnya lapisan atmosfer bumi yang juga bisa berdampak pada kebocoran. Hal itu mengakibatkan cuaca di bumi semakin panas lantaran sinar matahari tidak lagi dilindungi oleh lapisan atmosfer.

Dampak Efek Rumah Kaca

Berikut ini adalah Dampak Efek Rumah Kaca bagi lingkungan:
1. Pemanasan Global
2. Mencairnya Es di Kutub
3. Kerusakan Ekosistem & Tingginya Tingkat Keasaman Laut
4. Menipisnya Lapisan Ozon
5. Perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi.
6. Meningkatnya suhu air laut sehingga berakibat kepada beberapa pulau kecil tenggelam di negara kepulauan.

 
BACA:  Bagaimana Cara Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia?

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Efek Rumah Kaca dan Dampaknya bagi Lingkungan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET