Mengetahui Pengertian dan Proses Hinduisasi di Nusantara

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Mengetahui Pengertian dan Proses Hinduisasi di Nusantara

disimak baik-baik ya…

Proses Hinduisasi

Pengertian proses hindunisasi adalah proses masuknya pengaruh hindu atau kebudayaan India di Indonesia bahkan di berbagai negara lain yang dibuktikan dengan ditemukannya catatan dan peninggalan kerajaan yang bercorak hindu di suatu kawasan.

Proses hinduisasi adalah proses yang disebarkan oleh Orang India yang membawa agama dan kebudayaan yang awal mula penyebarannya melalui perdagangan hingga akhirnya mendapat pengaruh di berbagai aspek di suatu kawasan khususnya di Nusantara baik dalam aspek politik, sosial dan budaya.

Teori Proses Hinduisasi
Proses Hindunisasi tidak lepas dari siapa yang menyebarkan agama hindu di suatu kawasan. Di dalam hindunisasi dirangkap di dalam proses penyebaran agama tersebut yang disebut dengan teori. Teori-teori Hindunisasi dapat dibagi menjadi 4, yakni :

1. Teori brahmana
Teori ini dikemukakan oleh Van Leur. Ia berpendapat bahwa Agama Hindu dibawa oleh para Brahmana atau para pendeta ke Indonesia. Ia berpendapat seperti itu karena para Brahmana lah yang mengetahui kitab weda.

 
BACA:  Unsur-Unsur Ekonomi Makro

2. Teori Ksatria
Teori ini menyatakan kaum ksatria atau prajurit yang telah menyebarkan agama Hindu awal di Nusantara. Setelah melihat eksistensi kerajaan di Indonesia, tidak ada satupun kerajaan yang di bawah kekuasaan India, walaupun pengaruh India dalam kerajaan Hindu di Indonesia sangat kuat dan bangsa Indonesia masa itu menganut Agama Hindu.

3. Teori Waisya
Teori ini dikemukakan oleh N.J. Krom. Isi dari teori ini yaitu berkembangnya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang India golongan pedagang atau berkasta waisya. Mereka yang menjadikan munculnya budaya Hindu sehingga dapat diterima di kalangan masyarakat.

4. Teori Sudra
Teori ini menjelaskan bahwa golongan sudra yang pertama kali menyebarkan agama Hindu di Nusantara yakni para budak yang dijual kepada para raja – raja lokal nusantara.

5. Teori Arus Balik
Teori ini menyatakan bahwa bangsa di Nusantara belajar agama hindu di India lalu disebarkan kembali di Indonesia. Pada teori ini penduduk bangsawan atau kalangan belajar ke India dan pada prosesnya mereka mendapat pengaruh ataupun informasi mengenai agama Hindu. Mereka yang sudah beragama hindu tesebut akhirnya kembali ke nusantara dan kemudian mereka menyebarkan Agama Hindu.

Aspek Pengaruh Hindunisasi

Selanjutnya proses hindunisasi di dalam berbagai aspek yang kemudian menjadi pengaruh Hindunisasi di Nusantara, yakni:

 
BACA:  Buku Bhs. Indonesia Kelas 9 Hal. 27 28: Menulis Laporan Eksperimen Membuat Pelangi

1. Politik
Di dalam proses hindunisasi, maka penduduk lokal harus masuk ke dalam Agama hindu. Salah satu wujud hindunisasi dalam bidang politik adalah Konsep Dewaraja. Konsep ini merupakan konsep yang menjadikan bahwa raja adalah titisan para dewa. , untuk itulah di dalam kerajaan Hindu, Raja hampir sama dianggap dengan dewa atau dewi karena ia merupakan wakilnya di suatu kerajaan.

2. Sosial
Salah satu wujud hindunisasi dalam bidang sosial adalah kasta. kasta adalah tingkatan tingkatan yang dibuat berdasarkan tingkatan sosial yang ada di suatu masyarakat dansetiap individu memperoleh kastanya berdasarkan keturunan. Sistem kasta ini digunakan oleh agama hindu dan terdiri dari brahmana, ksatria, waisya, sudra dan paria atau tidak masuk di dalam bagian dari kasta.

BACA:  Pengertian Kloroplas Meliputi Struktur dan Fungsinya

3. Budaya
Salah satu wujud hindunisasi dalam bidang sosial adalah Akulturasi kebudayan. Akulturasi disini dapat dilihat dari berbagai upacara keagaman dan juga arsitektur di dalam suatu kebudayaan lokal. Contoh tradisi dari hasil Hindunisasi adalah Ngaben di Bali dan Yadnya Kasada di Jawa Timur. Di dalam arsitektur ada Candi yang mirip dengan kebudayaan dan tradisi lokal adalah Borobudur.

Di dalam proses Hindunisasi tidak lepas dari 2 pengaruh di dalamnya, yakni agama dan pengaruh Hindu yang memiliki nilai keagamaan di suatu kawasan atau daerah hingga menciptakan akulturasi kebudayaan dan diterima oleh penduduk lokal yang sudah memegang suatu tradisi dan kebudayaan lokal yang sudah ada jauh sebelum kedatangan Agama Hindu khususnya di Nusantara.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :

Mengetahui Pengertian dan Proses Hinduisasi di Nusantara

Semoga Membantu ^-^

Semangat Belajar, Good Luck.

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET