Ciri-Ciri Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Ciri-Ciri Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Pertumbuhan
Pada ilmu biologi, Pertumbuhan merupakan sebuah proses yang dimana terjadi pertambahan jumlah sel dan pembesaran dari tiap-tiap sel dan biasanya disertai dengan terjadinya perubahan bentuk.

Pertumbuhan Pada Tumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan bertambahnya massa, tinggi, hingga volume. Pertumbuhan ini, dimulai dari biji hingga tumbuhan bertambah tinggi dan bertambah diameter batangnya (hanya pada jenis tumbuhan tertentu). Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di daerah meristematis. Meristematis adalah titik tumbuh, yaitu bagian yang mengandung jaringan meristem. Jaringan meristem terletak di ujung batang, ujung akar, dan kambium.

BACA:  Jangka Sorong: Sejarah, Bagian-Bagian, Cara Pembacaan dan Fungsinya

Pada tumbuhan terjadi dua proses pertumbuhan yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan
Pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas sel-sel meristem yang banyak ditemukan di ujung akar dan ujung batang. Sel-sel meristem merupakan sel yang belum terdiferensiasi dan aktif membelah.

Ujung batang memiliki tiga bagian utama yaitu meristem apikal, meristem aksiler dan primordia (bakal daun). Meristem apikal terletak di ujung batang, sedangkan meristem aksiler berada di ketiak daun. Meristem aksiler berfungsi untuk pembentukan cabang dan bunga. Khusus tumbuhan monokotil ditemukan meristem interkalar yang berfungsi untuk pemanjangan batang dan pertumbuhan kembali daun yang mengalami kerusakan.

 

Pertumbuhan primer terjadi secara bertahap di tiga daerah. Yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi.

1. Daerah pembelahan, berada di bagian ujung akar dan ujung batang.
2. Daerah pemanjangan, terletak setelah daerah pembelahan. Di daerah ini, sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran. Akibatnya, tumbuhan pun akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.
3. Daerah diferensiasi, daerah yang sel-selnya mengalami perubahan fungsi menjadi jaringan yang lebih kompleks. Seperti misalnya: epidermis, korteks, xylem, floem, dan sklerenkim,

BACA:  Pengertian Polaritas dalam ilmu Kimia dan Klasifikasinya

Ciri-Ciri Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan
Berikut ini adalah ciri-ciri pertumbuhan primer pada tumbuhan:
1. Merupakan pertumbuhan yang terjadi pertama kali setelah perkecambahan.
2. Pertumbuhan primer dilakukan oleh meristem primer atau sering disebut sebagai meristem apikal yang terletak di ujung akar dan ujung batang.
3. Arah pertumbuhannya yaitu ke atas (yang dilakukan oleh ujung batang) dan ke bawah (yang dilakukan oleh ujung akar).
4. Dapat terjadi pada semua jenis tumbuhan tanpa terkecuali.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Ciri-Ciri Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET