Apa itu Cultural Lag, Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Apa itu Cultural Lag dan Bagaimana Cara Mengatasinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Cultural lag adalah fenomena masyarakat di mana kebudayaan material berkembang lebih cepat dibandingkan kebudayaan non material.

Menurut William Fielding Ogburn (1886-1959) perubahan budaya itu dibagi menjadi dua, yaitu material culture dan non material culture. Untuk material culture atau kebudayaan material itu yang terlihat, misalnya teknologi. Sedangkan, non material culture atau kebudayaan non material itu yang nggak terlihat, misalnya ide, pola pikir, nilai, keyakinan, dan norma.

Penyebab
Beberapa penyebab Cultural lag adalah sebagai berikut:
1. Kurangnya Pengetahuan dan Daya Pikir Masyarakat
Adanya ketertinggalan budaya dapat disebabkan kurang pengetahuan terhadap adanya budaya baru. sehingga, mereka kesulitan untuk memahami perkembangan tersebut secara baik.

BACA:  Sejarah Penemuan Ion dan Karakteristiknya Dalam Ilmu Kimia

2. Heterogenitas Masyarakat Tinggi
Masyarakat yang heterogen atau beragam diharapkan lebih mampu untuk menerima atau beradaptasi dengan perubahan sosial dan budaya.

3. Kurangnya Kontak dengan Budaya Lain
Ketika masyarakat cenderung tertutup dan tidak mau bergaul dengan mereka yang berasal dari budaya lain, atau nggak ada akses untuk bergaul, maka mereka akan kesulitan untuk terhubung dengan budaya di luar mereka.

 

Cara Mengatasi
Untuk mengatasi fenomena ini, perlu dilakukan seimbang antara material culture dan non material culture-nya. Kalau materialnya lebih cepat dibandingkan non material, maka akibatnya akan terjadi culture lag.

Cara mengatasi cultural lag salah satunya adalah dengan kecerdasan itu sendiri. Kecerdasan manusia untuk menemukan cara melakukan sesuatu dengan lebih cepat dan mudah.

BACA:  Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Melawan Penjajahan di Indonesia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Apa itu Cultural Lag dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET