Mengenal Apa itu Neutrofil Beserta Jenis dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Apa itu Neutrofil Beserta Jenis dan Fungsinya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Neutrofil
Neutrofil adalah bagian sel darah putih dari kelompok granulosit. Bersama dengan dua sel granulosit lain: eosinofil dan basofil yang mempunyai granula pada sitoplasma, disebut juga polimorfonuklir. Granula neutrofil berwarna merah kebiruan.

Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan Anda. Kadar darah yang lebih rendah atau lebih tinggi dari normal dapat menunjukkan kondisi tubuh Anda.

Jenis-Jenis Neutrofil
Neutrofil ini bila diperiksa lebih detail secara mikroskopis, berdasarkan bentuknya dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu neutrofil batang dan neutrofil segmen.

BACA:  Mengetahui Pengertian Ribosom Beserta Susunan, Fungsi dan Cirinya

1. Neutrofil Batang
Neutrofil batang adalah bentuk sel neutrofil yang belum matang yang juga berfungsi untuk membantu melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh, dan secara umum rasio normal dalam tubuh digunakan sebagai standar internasional.

2. Neutrofil Segmen
Neutrofil segmen adalah sel yang berfungsi penuh yang mengandung granuloma sitoplasma dan nukleus berongga yang kaya kromatin.

 

Fungsi Neutrofil
Secara umum, ada 2 jenis sel darah putih yang perlu diperhatikan, neutrofil dan limfosit. Keduanya berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Perbedaannya adalah sel darah putih melawan bakteri atau virus dengan memproduksi antibodi, sedangkan neutrofil melawan infeksi secara langsung.

Neutrofil berhubungan dengan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri dan proses inflamasi lainnya, serta menjadi sel yang pertama hadir ketika terjadi infeksi di suatu tempat. Dengan sifat fagositik yang mirip dengan makrofaga, neutrofil menyerang patogen dengan serangan respiratori menggunakan berbagai macam substansi beracun yang mengandung bahan pengoksidasi kuat, termasuk hidrogen peroksida, oksigen radikal bebas, dan hipoklorit.

BACA:  Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 79 Kurikulum 2013 - Klasifikasi Mahluk Hidup

Neutrofil membantu mencegah infeksi dengan memblokir, menonaktifkan, mencerna, dan menolak partikel dan mikroorganisme yang menyerang. Jenis sel darah putih ini terus-menerus memantau tanda-tanda infeksi dan bereaksi cepat untuk menjebak dan menghancurkan patogen.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Apa itu Neutrofil Beserta Jenis dan Fungsinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET