Bagaimana Proses Masuknya Budaya Hindu-Budha di Nusantara

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Bagaimana Proses Masuknya Budaya Hindu-Budha di Nusantara

disimak baik-baik ya…

Agama Hindu Budha di ketahui masuk ke Nusantara melalui jalur perdagangan yang dibawa oleh padagang-pedagang yang beragama Hindu Budha yang pada umumnya berasal dari India. Agama Hindu Budha adalah agama yang awalnya berkembang di India kemudian menyebar ke negara-negara lain di dunia termasuk Indonesia yang saat itu masih di sebut sebagai Nusantara.

Masuknya Hindu dan Buddha di nusantara dimulai pada awal masehi, melalui jalur perdagangan. Hal ini disebabkan kerana posisi Indonesia yang sangat srategis dalam bidang pelayaran dan perdagangan. Melalui hubungan perdagangan, muncul pengaruh bagi kedua belah pihak dan terjadilah akulturasi kebudayaan. Candi Hindu maupun Buddha adalah perwujudan akulturasi budaya lokal Nusantara dengan budaya India.

BACA:  Mengenal Pengertian Atlas dan Fungsinya

Teori masuknya Hindu Budha ke Nusantara melau jalur perdangan di sebut sebagai Teori Waisya, yang di kemukakan oleh N.J. Krom, yang berpendapat bahwa agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari India.

 

Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke nusantara melalui dua jalur yakni Jalur darat dan Jalur laut. Jalur darat di kenal dengan jalur Sutra dan jalur laut dilakukan dengan mengikuti rombongan kapal pedagang.

Selain melalui perdagangan (Teori Waisya) ada beberapa teori yang berkembang terkait proses masuknya Hindu Budha di Nusantara, di antaranya adalah :

1. Teori Ksatria
Adalah teori yang menyatakan agama Hindu-Buddha dibawa oleh golongan prajurit (kesatria) yang mendirikan kerajaan di nusantara. Terdapat lima ahli yang mencetuskan teori ini, yakni R.C. Majundar, F.D.K. Bosch, C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens.

BACA:  Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif dan Manfaatnya

2. Teori Brahmana
Adalah teori yang menyatakan agama Hindu-Buddha dibawa oleh golongan Brahmana atau penyebar agama. Teori Brahmana dicetuskan oleh J.C. van Leur, yang berpendapat bahwa agama Hindu dibawa oleh kaum brahmana yang berhak memelajari dan mengerti isi kitab suci Weda.

 

3. Teori Sudra
Adalah teori yang menyatakan agama Hindu-Buddha dibawa oleh golongan Sudra. Teori ini percaya bahwa masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India berkasta sudra. Hanya sediki yang setuju dengan teori ini, salah satunya adalah Von van Feber.

5. Teori Arus Balik
Adalah teori yang menyatakan agama Hindu-Buddha dibawa oleh golongan Waisya dan Kesatria. Teori ini dicetuskan oleh F.D.K. Bosch untuk menyanggah Teori Waisya dan Kesatria. Menurutt Bosch, masyarakat Indonesia memiliki peranan dalam penyebaran dan pengembangan agama Hindu-Buddha.

BACA:  Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal

Bagaimana Proses Masuknya Budaya Hindu-Budha di Nusantara

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Referensi : Kompas.com

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET