Apa itu Ekolokasi dan Prinsip Dasar dari Ekolokasi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Apa itu Ekolokasi dan Prinsip Dasar dari Ekolokasi
disimak baik-baik ya…

Pengertian Ekolokasi

Ekolokasi atau disebut juga biosonar adalah sonar biologi yang digunakan oleh beberapa jenis binatang. Binatang yang memiliki kemampuan ekolokasi mengeluarkan bunyi dan mendengarkan pantulan bunyi tersebut yang dipantulkan oleh objek-objek yang ada di sekitarnya.

 

Dengan menggunakan bunyi pantulan tersebut, binatang itu bisa mengidentifikasi keberadaan objek. Ekolokasi digunakan binatang sebagai alat navigasi untuk berkelana atau berburu.

Istilah ekolokasi dicetuskan oleh Donal Griffin yang bekerja bersama Robert Galambos yang menemukan kemampuan ekolokasi pada kelelawar tahun 1938. Dan pada abad ke 18, ilmuwan Italia Lazzaro Spallanzani dengan serangkaian percobaan menyimpulkan bahwa kelelawar melakukan navigasi bukan dengan penglihatan melainkan dengan pendengaran dimana pada saat itu, ekolokasi pada jenis paus belum di jelaskan, baru dua dekade setelah itu ekolokasi pada paus dijelaskan oleh Schevill dan McBride.

BACA:  Faktor Utama Pedagang Cina Lebih Memilih Jalur Laut daripada Jalur Darat

Beberapa jenis binatang memiliki kemampuan ekolokasi, termasuk beberapa mamalia, beberapa jenis burung, seperti kelelawar, paus, lumba-lumba, juga celurut.

Prinsip Kerja Ekolokasi
Ekolokasi dapat terjadi karena adanya sumber yang menghasilkan gelombang suara, yang biasanya dialami oleh hewan seperti kelelawar ataupun pada paus. Kemudian gelombang suara merambat melalui udara ataupun air yang kemudian memantul kembali dari suatu objek apa pun yang jatuh di jalurnya.

Hewan penghasil suara kemudian akan merasakan durasi waktu yang memisahkan gema yang berurutan serta mengetahui jarak masing-masing di antara objek di sekitarnya. Jika objek target bergerak, maka organisme ekolokasi bisa melakukan deteksi dengan cepat sesuai dengan suara yang dipantulkan.

 
BACA:  Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Melawan Penjajahan di Indonesia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Apa itu Ekolokasi dan Prinsip Dasar dari Ekolokasi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET