Hukum Pascal: Pengertian, Rumus dan Penerapan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Hukum Pascal: Pengertian, Rumus dan Penerapan
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hukum Pascal
Hukum Pascal adalah salah satu hukum fisika yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan oleh cairan dalam ruang tertutup selalu diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Pembahasan utama dalam hukum Pascal berkaitan dengan tekanan dalam cairan.

Hukum pascal dinyatakan oleh matematikawan sekaligus fisikawan Prancis yang bernama Blaise Pascal (1623-1662). Bunyi Hukum Pascal Adalah “Jika tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, tekanan pada setiap titik pada fluida tersebut akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.”

Rumus Hukum Pascal
Berdasarkan Hukum Pascal, perbedaan tekanan karena perbedaan kenaikan zat cair diformulakan sebagai berikut:

BACA:  Pengertian Pembelahan Mitosis Meliputi Ciri-Ciri dan Tujuannya

di mana, dalam sistem SI,

 
  • ΔP adalah tekanan hidrostatik (dalam satuan pascal atau “Pa”), atau perbedaan tekanan pada 2 titik dalam sekat yang berisi zat cair, karena perbedaan berat antara keduanya;
  • ρ adalah massa jenis zat cair (dalam kilogram per meter kubik);
  • g adalah percepatan karena gravitasi (umumnya menggunakan percepatan ketinggian dari permukaan laut akibat gravitasi bumi, dalam satuan meter per detik pangkat 2);
  • Δh adalah ketinggian zat cair di atas titik pengukuran (dalam satuan meter), atau perbedaan ketinggian antara 2 titik pada kolom yang berisi zat cair.

Penerapan Hukum Pascal
Beberapa contoh penerapan Hukum Pascal yang berguna bagi kehidupan manusia adalah:
1. Pengungkit hidrolik
Sedikit gaya masuk yang diberikan digunakan untuk menghasilkan gaya keluar yang lebih besar dengan cara membuat luasan piston bagian luar lebih besar daripada luasan piston bagian dalam. Dengan cara ini, keuntungan mekanis yang didapatkan akan berlipat ganda tergantung rasio perbedaan luasan piston.

BACA:  10 Komponen yang Terdapat pada Peta dan Masing-Masing Fungsinya

2. Rem hidrolik
Ketika pengemudi menginjak pedal rem pada mobil, tekanan pada silinder utama akan meningkat. Rem hidrolik seperti ini biasa disebut rem cakram dan digunakan pula di sepeda motor. Fluida yang digunakan sebagai media penyalur tekanan adalah oli.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Hukum Pascal: Pengertian, Rumus dan Penerapan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET