Mengenal Konsep Arus Listrik dan Medan Listrik dalam Ilmu Fisika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Konsep Arus Listrik dan Medan Listrik dalam Ilmu Fisika
disimak baik-baik ya…

 

Arus Listrik
Arus listrik adalah perpindahan muatan listrik yang besarnya diukur dalam Ampere. Arus dapat terdiri dari partikel bermuatan apapun yang berpindah; biasanya adalah elektron, tetapi muatan apapun yang berpindah menghasilkan arus.

Proses ketika arus listrik melewati material disebut konduksi listrik, dan sifatnya bervariasi tergantung dari partikel bermuatan dan material yang mereka lewati. Contoh arus listrik misalnya konduksi logam, di mana elektron mengalir melalui konduktor listrik seperti logam, dan elektrolisis, di mana ion (atom bermuatan) mengalir melalui cairan atau plasma.

BACA:  Tokoh dan Hasil Perundingan Perjanjian Linggarjati

Pada teknik atau aplikasi rumah tangga, arus sering kali dijelaskan dalam arus searah (DC) atau arus bolak-balik (AC). Sebutan ini merujuk pada bagaimana arus bervariasi terhadap waktu. Arus searah, diproduksi sebagai contoh dari baterai dan diperlukan oleh hampi r seluruh peralatan elektronik, adalah aliran dari bagian positif sirkuit ke bagian negatif. Arus bolak-balik adalah arus yang berbalik arah berulang-ulang; hampir selalu membentuk gelombang sinus. Arus bolak-balik dipengaruhi oleh sifat-sifat listrik yang tidak dapat dilihat pada arus searah keadaan tunak, seperti induktansi dan kapasitansi.

Medan Listrik
Medan listrik adalah area atau wilayah yang memiliki gaya listrik karena pengaruh ruang bermuatan listrik yang mengelilinginya. Medan listrik bekerja di antara 2 muatan dengan perilaku yang serupa dengan medan gravitasi bekerja di antara 2 massa, dan akan berbanding kuadrat terbalik dengan jarak.

BACA:  Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Melawan Penjajahan di Indonesia

Konsep medan listrik pertama kali diperkenalkan oleh Michael Faraday. Sebuah medan listrik umumnya beragam pada suatu ruang, dan kekuatannya pada satu titik didefiniskan sebagai gaya (per satuan muatan) yang mengenai muatan diam imajiner jika diletakkan pada titik tersebut.

 

Studi mengenai medan listrik diciptakan oleh muatan diam yang disebut elektrostatis. Prinsip elektrostatis sangat penting ketika mendesain peralatan dengan voltase tinggi. Ada batas medan listrik tertentu yang dapat ditahan oleh medium apapun. Diatas titik ini, akan terjadi kegagalan listrik dan percikan api dan terjadi flashover di antara bagian yang bermuatan. Kekuatan medan sangat dipengaruhi oleh objek berkonduksi di dekatnya, terutama menjadi besar ketika dipaksa untuk melekuk disekitar titik objek.

BACA:  Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Perawatannya Ketika Cedera

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Konsep Arus Listrik dan Medan Listrik dalam Ilmu Fisika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET